Yulian Gunhar
Anggota DPR

Yulian Gunhar adalah politisi Indonesia yang telah menjabat sebagai anggota DPR-RI, dari Fraksi PDI Perjuangan, selama dua periode (2014–2019 dan 2019–2024), mewakili daerah pemilihan Sumatera Selatan II.

Saat ini, ia dipercaya menjadi anggota Komisi VII yang menangani masalah energi, pertambangan, lingkungan, dll.

Menimbang Keberadaan Aplikasi MyPertamina

Kompas.com - 06/07/2022, 14:15 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PERTAMINA akan membuka MyPertamina sebagai salah satu aplikasi alternatif bagi konsumen membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. Permasalahan BBM subsidi yang tidak tepat sasaran, menjadi alasan utama.

Penyaluran BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite selama ini memang dianggap lebih banyak salah sasaran.

Berdasarkan data Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, kalangan menengah ke atas ternyata paling banyak mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) subsidi, jenis Pertalite dan Solar.

Sedangkan orang miskin dan rentan hanya menikmati sekitar 20 persen BBM subsidi. Maka memberlakukan aplikasi MyPertamina diharapkan bisa mencegah penyaluran BBM bersubsidi salah sasaran.

Apalagi Pemerintah telah mengalokasikan dana yang tidak kecil, sekitar Rp 520 triliun untuk subsidi energi pada tahun 2022.

MyPertamina adalah digital channel Pertamina yang dikembangkan oleh Pertamina, bekerja sama dengan aplikasi LinkAja yang juga dimiliki oleh beberapa Bank Himbara dan Pertamina sendiri.

Fungsi aplikasi MyPertamina sebenarnya hampir sama dengan platform seperti, Gopay, Ovo, Dana, dan sebagainya.

Di mana pengguna bisa membeli beberapa produk buatan Pertamina, termasuk BBM, secara cashless atau non-tunai.

Perkembangan zaman

Setidaknya kebijakan Pertamina membuka aplikasi MyPertamina sebagai salah satu aplikasi alternatif untuk membeli solar dan pertalite sudah sesuai dengan perkembangan zaman.

Menurut riset McKinsey tahun 2019, saat ini layanan perbankan sedang bergeser ke digital. Bahkan nasabah juga sudah mulai memindahkan saldo mereka hingga 50 persen ke layanan digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.