Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN: Kebocoran Pipa Gas di MT Haryono Diduga karena Aktivitas Pihak Ketiga di Sekitar Lokasi

Kompas.com - 20/07/2022, 15:30 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comKebocoran pipa gas di MT Haryono yang merupakan milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) saat ini dalam perbaikan. Tim Penanganan Gangguan (TPG) PT PGN saat ini juga telah berkordinasi bersama pihak terkait untuk mengidentifikasi pelanggan yang terdampak.

Sheila Marlianty, Area Head PGN Jakarta mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mengatasi kebocoran pipa gas di MT Haryono tersebut dan memastikan kondisi infrastruktur dan perimeter sekeliling lokasi dalam keadaan aman.

“Petugas TPG PGN telah mengamankan area sekitar dari aktivitas warga dengan memasang safety line. Petugas juga dalam proses identifikasi dampak kejadian serta rencana perbaikan sesegera mungkin,” kata Sheila dalam siaran pers, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Waskita Karya Minta Maaf soal Kebocoran Pipa Gas di Jalan MT Haryono

Sheila mengatakan, terkait dengan penyebab kejadian bocornya pipa gas bumi, sampai saat ini masih dalam proses investigasi bersama aparat, namun di duga disebabkan aktifitas pihak ketiga disekitar lokasi.

"Kami akan memastikan bahwa layanan pelanggan gas bumi tidak terdampak terlalu lama dan akan meningkatkan koordinasi dengan pihak ketiga agar kehandalan dan keselamatan jaringan gas bumi termasuk personel dapat dikelola sesuai prinsip HSSE," tegas Sheila.

Baca juga: Jamin Suplai ke Kilang Pertamina, Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan Dimulai

Sebagai informasi, pada pukul 11.00 WIB, telah terjadi kebocoran pipa gas di MT Haryono milik PGN di area Proyek Revitalisasi Halte Busway, Rabu (20/7/2022). Hal ini terjadi ketika PT Waskita Karya (Persero) melakukan pemancangan di area tersebut.

Terkait hal tersebut, Corporate Secretary Waskita Karya Novianto Ari Nugroho mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan kordinasi dengan PT PGN untuk menutup valve, dan mempebaiki popa yang bocor. Pihaknya juga bekerja sama dengan kepolisian dalam mengatur lalu lintas, serta dengan tim pemadam kebakaran untuk antisipasi terjadinya percikan api.

“Saat ini Tim Proyek sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini PT PGN untuk melakukan penutupan valve, memperbaiki pipa yang bocor, serta strerilisasi area kerja. Dengan Pihak Kepolisian untuk membantu pengaturan lalu lintas dan Pemadam Kebakaran untuk antisipasi terjadinya percikan api,” ujar Ari.

Baca juga: PGN dan PT Kilang Pertamina Internasional Kolaborasi Bangun Pipa Gas Senipah-Balikpapan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com