RILIS BIZ

Masyarakat Antusias Pasang PLTS Atap, Perplatsi Sambut Peningkatan Permintaan EBT

Kompas.com - 27/07/2022, 16:17 WIB

KOMPAS.com – Dari tahun ke tahun, kesadaran masyarakat dalam menggunakan energi bersih semakin tinggi. Hal ini menciptakan tren penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

“Fenomena ini tidak bisa dibendung. Justru ini adalah peluang besar bagi industri energi baru terbarukan (EBT). Pasar PLTS atap surya sangat cemerlang di masa depan bagi para pelaku usaha yag bergerak penyedia listrik tenaga surya,” ujar Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Pemasang PLTS Atap Seluruh Indonesia (Perplatsi), Fabby Tumiwa, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Sebagai informasi, Perplatsi merupakan kelompok yang sengaja dibuat untuk menyambut peningkatan permintaan masyarakat akan PLTS atap.

Perplatsi dideklarasikan pada Sabtu (23/7/2022), di APINDO UKM Hub Gedung SMESCO Kementrian KUKM. Kini, tempat ini dijadikan seagai lokasi sekretariat.

Fabby menyebut bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya EBT. Adapun, sinar matahari merupakan salah satu sumber EBT yang dimiliki Tanah Air.

Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) pada 2022 menunjukan bahwa berdasarkan ketersediaan lahan yang cocok untuk pemanfaatan energi surya melalui PLTS, Tanah Air mempunyai potensi energi surya mencapai 3.300 Gigawatt.

Energi surya bisa menjadi penyedia utama kebutuhan listrik di Indonesia. Potensi PLTS atap yang dibangun di atas bangunan, seperti rumah, kantor dan fasilitas umum lainnya sangatlah besar.

Wadah untuk pemasangan PLTS atap

Fabby menambahkan bahwa Perplatsi dibentuk untuk mewadahi para pemasang PLTS atap yang mempunyai semangat mengembangkan ekosistem PLTS di Indonesia.

Para pengusaha pemasang PLTS atap atau lazim disebut Solarpreneur adalah salah satu bagian ekosistem yang sangat penting dalam terciptanya energi bersih untuk memenuhi komitmen pemerintah Indonesia menuju net zero emission pada 2060.

“Perplatsi menjadi naungan para pemasang PLTS atap yang bersertifikat, dan mampu memberikan layanan instalasi PLTS atap yang mengutamakan keamanan dan kehandalan PLTS atap,” ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.