Pantau Bapok di Pasar Raya Padang, Mendag Zulhas: Stok Melimpah, Harga Cenderung Turun

Kompas.com - 08/08/2022, 14:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok (Bapok) di Pasar Raya, Padang Sumatra Barat pada Senin (8/8/2022).

Berdasarkan pantauannya, Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, stok bapok di Padang melimpah dan harga stabil cenderung turun.

Harga minyak goreng curah bahkan terpantau turun Rp 13.000 per lliter.

"Alhamdulillah di Kota Padang, di sini harga bapok stabil bahkan cenderung turun. Bahkan, bawang merah murah sekali di sini. Ternyata di Sumatera Barat terdapat sentra penghasil bawang merah," ucap Mendag Zulkifli Hasan dalam siaran resminya, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Ini Strategi Mendag Zulhas Kerek Harga Tandan Buah Segar Kelapa Sawit

Zulhas sapaannya, mengatakan, di Sumatera Barat pasokan minyak goreng cukup banyak, baik yang kemasan premium, kemasan sederhana, dan curah.

"Minyak goreng sudah banyak. Ada minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 14.000 per liter dan curah Rp 13.000 per liter. Kalau yang premium tentu harganya beraneka ragam," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Dibandingkan minggu sebelumnya, beberapa komoditas mengalami penurunan harga, di antaranya cabai merah keriting menjadi Rp 68.000 per kilogram dan bawang merah Rp 32.000 per kikogram.

Sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan hanya tepung terigu yang tercatat Rp 12.000 per kilogram. Sementara harga komoditas lain stabil.

Baca juga: Mendag Zulhas Kunjungi Pasar Angso Duo Jambi, Sebut Harga Bapok Makin Murah

Mendag Zulhas juga membeberkan untuk harga beras medium tercatat Rp 11.000 per kilogram, beras premium Rp 13.000 per kilogram, gula pasir Rp 14.000 per kilogram, migor kemasan premium Rp 18.000-19.000 per liter, migor curah Rp 12.500 per liter, daging sapi Rp 140.000 per kilogram, daging ayam ras Rp 36.000 per kilogram, telur ayam ras Rp 25.600 per kilogram, dan bawang putih honan Rp 20.000 per kilogram.

Kementerian Perdagangan juga melakukan pemantauan harga minyak goreng melalui Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) di 216 pasar di seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.