Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kiat Mencapai Karier Cemerlang

Kompas.com - 18/08/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Karier bisa dibentuk ketika seseorang sudah mengetahui arah dan tujuan hidupnya. Namun, tak semua orang benar-benar menggapai karier yang diinginkan.

Tak semua karier bisa ditentukan dari awal karena mungkin saja ada kondisi ketika seseorang merasa kurang cocok dengan pekerjaannya. Dalam kasus ini, seseorang akan mempertanyakan kembali pencapaiannya.

Oleh sebab itu, seseorang akan terus berusaha mengeksplor agar dirinya bisa berkembang dan mencapai karier yang diinginkan. Hal ini juga dibahas oleh Usman Effendi dalam siniar Smart Inspiration edisi Career bertajuk “How to Set and Achieve Your Career Goals”.

Agar mencapai tujuan dengan realistis, Seek mengungkap lima hal yang dapat dilakukan.

Bersiap untuk Fokus

Keputusan mencapai karier mengharuskan kamu untuk meluangkan waktu, energi, serta membangun komitmen yang kokoh. Fokuslah dengan pikiran mengenai perubahan yang lebih baik untuk membangun keyakinan terhadap jalan yang dipilih.

Begitu juga ketika masih memiliki tanggung jawab di tempat lain yang kurang menyenangkan, kamu tetap harus mempersiapkan waktu dan energi dalam membangun karier. Tetaplah percaya pada diri sendiri bahwa hal tersebut bisa dilewati.

Baca juga: 5 Hal Penting Perusahaan Startup Perlu Perhatikan

Pikirkan Hal Berharga

Untuk menentukan kariermu sendiri, pikirkanlah hal yang sebenarnya berharga sehingga patut diperjuangkan. Lihatlah karier sebagai proses yang lebih bermakna. Jadi, bukan hanya soal pergantian posisi, jenis pekerjaan, ataupun gaji yang didapat, melainkan juga prosesnya.

Selain itu, ada hal-hal penting lainnya yang mungkin dapat jadi pertimbanganmu dalam menentukan karier. Hal itu adalah melihat bahwasanya karier yang direncanakan bisa jadi pengalaman serta pembelajaran yang berharga.

Spesifikasikan Tujuan

Mungkin saat ini apa yang ingin dituju masih berbentuk gambaran umum atau abstrak. Lakukan perincian langkah-langkah kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuanmu. Salah satu metode yang mungkin dapat dicoba adalah SMART dengan rincian sebagai berikut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.