[POPULER MONEY] Harga Terbaru Pertalite | Segini Harga Pertalite Jika Tak Disubsidi Pemerintah

Kompas.com - 18/08/2022, 05:10 WIB

1. Diisukan Akan Naik, Ini Harga Pertalite Terbaru di SPBU Pertamina

Harga Pertalite yang dijual di SPBU Pertamina dikabarkan akan mengalami penyesuaian. Pertalite sendiri merupakan BBM yang hingga saat ini masih disubsidi pemerintah.

Meski tidak secara eksplisit, baik Presiden Jokowi maupun para pembantunya, mulai memberi isyarat akan menaikkan harga Pertalite agar tidak terlalu membebani APBN.

Belum lama ini Jokowi membandingkan harga BBM di Indonesia dengan negara lain seperti Singapura dan Jerman. Kepala Negara itu mengatakan harga BBM di Indonesia masih lebih murah karena di Singapura dan Jerman masing-masing dijual Rp 27 ribu per liter dan Rp 31 ribu per liter.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani juga beberapa kali menyinggung masalah harga Pertalite. Ia menyebut kenaikan volume BBM bersubsidi, terutama harga bensin Pertalite, yang di luar kontrol.

Menurutnya, lonjakan penyaluran itu membuat alokasi subsidi dan kompensasi energi melebihi pagu anggaran APBN yang mencapai Rp 502 triliun pada tahun ini.

Selengkapnya baca di sini

2. Kisah Neneng, Pilih "Resign" lalu Buka Toko Kelontong, Ternyata Tak Semudah yang Dibayangkan...

Fokus, konsisten, dan komitmen, inilah tiga prinsip yang menjadi pegangan Neneng dalam menjalankan bisnis toko kelontongnya di Cilegon, Banten. Neneng merupakan pemilik Toko SRC Kurnia.

Dia tergabung dalam komunitas toko kelontong Sampoerna Retail Community (SRC) yang merupakan program pembinaan UMKM oleh PT HM Sampoerna Tbk (HMSP). Perjalanan panjang dilalui Neneng hingga akhirnya memilih untuk fokus pada bisnis yang ditekuninya saat ini.

Neneng mengisahkan, sebelum memutuskan membantu orangtuanya mengurus toko kelontong medio 2007-2008, awalnya bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta. Saat itu, Neneng merasa menjalankan bisnis toko kelontong ternyata tak semudah yang dibayangkannya.

Dia hanya bertahan dua tahun, dan akhirnya memutuskan kembali bekerja. Setelah dua tahun berjalan, sekitar tahun 2010, Neneng kembali berhenti bekerja dan fokus kembali mengurus bisnis toko kelontongnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.