Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Penukaran Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022

Kompas.com - 19/08/2022, 10:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan uang rupiah tahun emisi 2022 dalam 7 pecahan uang kertas, yaitu Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Uang rupiah baru ini sudah mulai berlaku dan dapat dijadikan alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia mulai 17 Agustus 2022.

Antusiasme masyarakat nampaknya cukup tinggi untuk dapat segera memiliki uang baru ini. BI pun telah membuka penukaran uang baru sejak Kamis (18/8/2022) kemarin.

Untuk 2 bulan pertama ini, BI masih membatasi penukaran uang baru sampai maksimal Rp 1 juta agar tercipta pemerataan.

Namun jika masyarakat ingin menukarkan uang baru dengan nominal lebih dari Rp 1 juta, maka dapat mencoba untuk menukarkan uang di perbankan.

Baca juga: Hati-hati Uang Palsu, Simak Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022

Kepala Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, berbeda dengan penukaran Uang Rupiah Khusus (URK) seperti uang bersambung dan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75, penukaran uang baru 2022 ini tidak memerlukan persyaratan khusus.

Pasalnya, uang baru ini merupakan uang rupiah seperti yang beredar pada umumnya dan bukan uang yang dicetak terbatas seperti uang bersambung maupun UPK 75

"Jadi prinsipnya ini berbeda dengan UPK 75 tidak ada persyaratan KTP, tidak ada persyaratan apapun," ujarnya saat Taklimat Media virtual, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Uang Rupiah 2016 Diperkirakan Bakal Hilang dalam 4 Tahun ke Depan

3 cara tukar uang rupiah baru tahun emisi 2022

Marlison menyebut, setidaknya terdapat 3 cara untuk menukarkan uang baru. Namun, salah satunya hanya dapat dilakukan sampai Minggu (21/8/2022).

Berikut 3 cara penukaran uang rupiah tahun emisi 2022, yaitu:

1. Penukaran di Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI)

BI selama 19-21 Agustus 2022 menyelenggarakan FERBI 2022 untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang peran rupiah dalam sejarah bangsa.

Acara FERBI 2022 ini digelar di GOR Basket Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam perhelatan ini, masyarakat tidak hanya dapat menyaksikan pameran rupiah dan talkshow tetapi juga dapat melakukan penukaran uang baru maupun membeli URK uang bersambung.

"Bisa tukar (uang baru) di sana (FERBI), bahkan kita memberikan kesempatan masyarakat membeli uang rupiah khusus. Kita menjual uang rupiah uncut money atau uang tidak terpotong atau uang bersambung," jelasnya.

Masyarakat hanya perlu mendatangi acara tersebut dan mencari tempat untuk penukaran uang baru. Jangan lupa membawa uang yang cukup untuk ditukarkan dengan uang baru.

Baca juga: 7 Uang Rupiah Baru Diluncurkan, Sri Mulyani: Di Setiap Lembarnya Terdapat Cerita dan Narasi Kebangsaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+