Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pluang Nilai "Platform" Investasi Multi Aset Dorong Peningkatan Literasi Keuangan

Kompas.com - 31/08/2022, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform multiaset Pluang menilai transformasi digital untuk mendongkrak literasi keuangan dapat dikatalis dengan beberapa faktor.

Chief of Special Projects Pluang Ronny Hutahayan mengatakan peningkatan literasi keuangan termasuk di dalamnya akses investasi dipermudah dengan adanya platform digital.

"Sebelumnya produk investasi sulit diakses. Sekarang dipermudah dengan hadirnya platform digital," ujarnya dalam diskusi publik Transformasi Digital sebagai Pendorong Pertumbuhan Literasi Keuangan di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Ini Respons Indodax soal Pembatasan Izin Pedagang Aset Kripto

Diskusi publik tersebut diselenggarakan Badan Pengembangan Keuangan Digital (BPKD) Kadin Indonesia dalam rangka mengumpulkan perspektif dari pembuat kebijakan dan pelaku usaha.

Dalam kesempatan tersebut, ia menekankan pentingnya peningkatan literasi keuangan masyarakat.

Tak hanya itu, Ronny turut mendiskusikan perspektif bisnis terkait digitalisasi ekonomi dan peluang yang ada.

Berdasarkan data yang ia miliki, saat ini sebanyak 60 persen investor ritel di Indonesia berusia di bawah 30 tahun. Adapun investor ritel tersebut rata-rata memiliki pengalaman di bawah 3 tahun.

Baca juga: BKN Mulai Data Pegawai Honorer di Instansi Pemerintah

Dengan begitu, kelompok usia ini lebih mudah menyerah teknologi digital dan mengadopsi literasi digital melalui platform digital.

"Pluang adalah sebuah startup aplikasi multiaset, antara lain emas, reksa dana, aset kripto, dan saham. Kami miliki 6,7 juta pengguna dengan visi membuka akses seluas-luasnya bagi investor ritel, dan mengenalkan investasi secara bijak melalui diversifikasi berbagai aset," kata dia.

Baca juga: BI Cabut Uang Rupiah Khusus Emisi 1995, Ini Cara Tukarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com