QRIS Antarnegara, Belanja di Thailand Kini Bisa Pakai Aplikasi BCA Mobile

Kompas.com - 05/09/2022, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah melayani sistem pembayaran antar negara menggunakan QRIS di Thailand.

Dengan demikian kini nasabah BCA dapat berbelanja di Thailand menggunakan QRIS di aplikasi BCA mobile tanpa perlu menukar uang rupiah ke Baht Thailand.

Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan, BCA ikut berpartisipasi menjadi issuer dan acquirer dalam pengimplementasian penerapan QRIS antarnegara yang digagas oleh Bank Indonesia (BI).

"Mulai Senin (29/08), fitur QRIS cross border Indonesia-Thailand telah tersedia di BCA mobile versi terbaru 2.9.5 dan dapat digunakan oleh nasabah dalam transaksi finansialnya," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Senin (5/9/2022).

Baca juga: QRIS Bisa Digunakan di Thailand, Ini Daftar Merchant dan Aplikasinya

BCA berharap dengan pengimplementasian QRIS antarnegara ini, dapat meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata, UMKM, dan ekonomi keuangan digital nasional.

Pasalnya, kata dia, kondisi pariwisata Indonesia dengan Thailand meningkat pesat setelah pelonggaran mobilisasi di masa pandemi Covid-19.

"Kami melihat potensinya sangat besar karena ini akan memudahkan nasabah dari kedua negara untuk bertransaksi," ucapnya.

Kendati demikian, BCA tidak mematok target transaksi tertentu dari pengimplementasian QRIS antarnegara di Thailand ini. Namun diharapkan, sistem pembayaran ini dapat segera diperluas ke negara-negara lainnya.

Adapun pada Semester I 2022, nominal transaksi QRIS yang diproses melalui sistem BCA mencapai Rp 10 Triliun, melesat delapan kali lipat dibandingkan tahun lalu.

"Tidak ada target spesifik yang dibidik," kata dia.

Bank BCA menjadi lembaga keuangan pertama yang dapat melayani pembayaran QRIS antarnegara di Thailand ini bersama dengan 6 bank dan 1 dompet digital lainnya.

Adapun 6 bank dan 1 dompet digital yang saat ini sudah melayani QRIS antarnegara ialah BSI, Bank Mega, CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Permatabank, Bank BPD Bali, dan Dana.

"BCA mengapresiasi BI yang telah resmi mengimplementasikan secara penuh transaksi QRIS di Thailand guna mempermudah transaksi pembayaran masyarakat Indonesia," kata Hera.

Baca juga: Pengertian, Biaya, dan Cara Menggunakan QRIS Antarnegara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.