Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

QRIS Antarnegara, Belanja di Thailand Kini Bisa Pakai Aplikasi BCA Mobile

Kompas.com - 05/09/2022, 13:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah melayani sistem pembayaran antar negara menggunakan QRIS di Thailand.

Dengan demikian kini nasabah BCA dapat berbelanja di Thailand menggunakan QRIS di aplikasi BCA mobile tanpa perlu menukar uang rupiah ke Baht Thailand.

Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan, BCA ikut berpartisipasi menjadi issuer dan acquirer dalam pengimplementasian penerapan QRIS antarnegara yang digagas oleh Bank Indonesia (BI).

"Mulai Senin (29/08), fitur QRIS cross border Indonesia-Thailand telah tersedia di BCA mobile versi terbaru 2.9.5 dan dapat digunakan oleh nasabah dalam transaksi finansialnya," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Senin (5/9/2022).

Baca juga: QRIS Bisa Digunakan di Thailand, Ini Daftar Merchant dan Aplikasinya

BCA berharap dengan pengimplementasian QRIS antarnegara ini, dapat meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata, UMKM, dan ekonomi keuangan digital nasional.

Pasalnya, kata dia, kondisi pariwisata Indonesia dengan Thailand meningkat pesat setelah pelonggaran mobilisasi di masa pandemi Covid-19.

"Kami melihat potensinya sangat besar karena ini akan memudahkan nasabah dari kedua negara untuk bertransaksi," ucapnya.

Kendati demikian, BCA tidak mematok target transaksi tertentu dari pengimplementasian QRIS antarnegara di Thailand ini. Namun diharapkan, sistem pembayaran ini dapat segera diperluas ke negara-negara lainnya.

Adapun pada Semester I 2022, nominal transaksi QRIS yang diproses melalui sistem BCA mencapai Rp 10 Triliun, melesat delapan kali lipat dibandingkan tahun lalu.

"Tidak ada target spesifik yang dibidik," kata dia.

Bank BCA menjadi lembaga keuangan pertama yang dapat melayani pembayaran QRIS antarnegara di Thailand ini bersama dengan 6 bank dan 1 dompet digital lainnya.

Adapun 6 bank dan 1 dompet digital yang saat ini sudah melayani QRIS antarnegara ialah BSI, Bank Mega, CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Permatabank, Bank BPD Bali, dan Dana.

"BCA mengapresiasi BI yang telah resmi mengimplementasikan secara penuh transaksi QRIS di Thailand guna mempermudah transaksi pembayaran masyarakat Indonesia," kata Hera.

Baca juga: Pengertian, Biaya, dan Cara Menggunakan QRIS Antarnegara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com