Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamkrindo Catat Mitra Terjamin Capai 5 Juta Per Juni 2022

Kompas.com - 06/09/2022, 17:28 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penjaminan kredit, PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) mengatakan jumlah mitra terjaminnya mencapai 5 juta mitra sampai 30 Juni 2022.

Angka tersebut tumbuh 6,4 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 4,7 juta mitra terjamin.

Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo Suwarsito mengatakan, transformasi digital yang telah dijalankan Jamkrindo memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan mitra terjamin.

Jamkrindo mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berkembang melalui layanan penjaminan.

Baca juga: Alih Subsidi BBM Ke Bansos, Kemenkeu: Agar lebih Berkeadilan

"Meningkatnya jumlah mitra terjamin Jamkrindo membuktikan, strategi transformasi dalam produk dan layanan menjadi digital adalah tepat. Jamkrindo akan melahirkan inovasi dalam produk dan layanan sesuai kebutuhan mitra," kata dia dalam siaran pers, dikutip Rabu (6/9/2022).

Ia menambahkan Jamkrindo akan membantu UMKM untuk dapat naik kelas sehingga dapat memperluas akses dalam mendapatkan pembiayaan dan penjaminan kredit.

“Para pelaku UMKM adalah pahlawan bagi perekonomian bangsa, terutama untuk bisa bangkit dari dampak pandemi," ujar dia.

"Kami telah melakukan sejumlah transformasi yang memberikan kemudahan bagi mitra terjamin UMKM dalam menggunakan layanan penjaminan untuk memperoleh akses permodalan dan penjaminan kredit," sambung dia.

Di era industri 4.0 dan ekonomi digital, Jamkrindo menghadirkan berbagai transformasi teknologi informasi.

Baca juga: Subsidi Gaji Cair 9 September 2022, Berapa Nilainya?

Dengan begitu, berbagai kerja sama dengan para mitra UMKM dan perbankan atau lembaga keuangan dapat dilakukan secara online, baik host to host, web service, maupun platform Jamkrindo Online Suretyship (JOS).

Dengan adanya JOS, principal yang membutuhkan penjaminan proyek tidak harus datang langsung ke kantor Jamkrindo, melainkan cukup mendaftarkan diri melalui laman suretyship.jamkrindo.co.id.

Jamkrindo juga memiliki platform digital yang dibuat untuk menjembatani kebutuhan mengikuti pelatihan-pelatihan yaitu www.umkmlayak.co.id.

"Ke depan selain menjembatani akses terhadap pelatihan-pelatihan, platform tersebut dapat menjadi marketplace guarantee untuk menjembatani UMKM yang memerlukan pembiayaan dengan lembaga keuangan penyalur pinjaman," pungkas dia.

Baca juga: BSU 2022 Cair Pekan Ini, Pekerja dengah Gaji di Atas Rp 3,5 Juta Bisa Dapat Subsidi Gaji

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com