Program Otsuka Blue Planet, Upaya Edukasi Warga Kurangi dan Kelola Sampah Plastik

Kompas.com - 28/09/2022, 18:02 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com - PT Amerta Indah Otsuka, produsen makanan minuman seperti Pocari Sweat, Soyjoy, Ion Water, Oronamin C dan Fibe Mini, menyelenggarakan program Otsuka Blue Planet. Program tersebut mendukung pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah plastik. 

Corporate Communication Manager PT Amerta Indah Otsuka Laibun Sobri menjelaskan, program Otsuka Blue Planet memberikan edukasi demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Program ini memfokuskan kegiatannya kepada tiga sektor penting yaitu Otsuka Eco Village, Otsuka Blue School dan Otsuka Eco Bottle.

Serangkaian edukasi masyarakat dilakukan bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia demi terciptanya masyarakat yang mampu mengelola sampah berkelanjutan dengan baik dan benar secara mandiri.

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, Kemasan Bekas Pakan Hewan Peliharaan Didaur Ulang Jadi Tas Jinjing

Laibun memerinci, program Otsuka Eco Village sudah dilaksanakan sejak 2021, dibuat untuk mendorong terciptanya masyarakat yang mampu mengelola sampah secara mandiri. Program ini dilakukan di wilayah pabrik Otsuka di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dan Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur.

Kemudian, Otsuka Blue School dimulai sejak Juni 2022, sudah berhasil dijalankan di SMA Budi Mulia Ciledug Tangerang dan SMA Regina Pacis Jakarta. Program ini membantu para siswa, guru dan pegawai sekolah agar dapat melakukan pengelolaan sampah berkelanjutan khususnya botol plastik, agar jadi kebiasaan baru. 

Terakhir, program Otsuka Eco Bottle, yaitu upaya untuk membuat kemasan botol plastik dengan bahan material daur ulang.

Menurut Laibun Sobri, pada 27 September 2022 telah dilakukan pengiriman pertama botol plastik dengan komposisi 30 persen berbahan dasar daur ulang, yang rencananya secara bertahap akan terus ditingkatkan hingga mencapai komposisi 100 persen pada tahun 2030.

"Dengan adanya program Otsuka Blue Planet kami berharap dapat membantu merubah perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan memulai mengelola sampah dan membuang sampah pada tempatnya," ujar Laibun melalui keterangannya, Rabu (28/9/2022). 

Baca juga: Punya Sampah Plastik? Bisa Ditukar Jadi Merchandise di Mesin ini

Ade Palguna, Kepala Badan Penyuluhan & Pengembangan SDM KLHK RI mengatakan, pihaknya menyadari bahwa untuk mengurangi sampah plastik sangat dipengaruhi oleh upaya dan kontribusi positif dari masyarakat serta sektor lainnya seperti pihak swasta. 

"Kami sangat mengapresiasi PT Amerta Indah Otsuka yang berupaya untuk melakukan pembinaan bagi sekolah dan masyarakat dalam mengelola lingkungan hidup melalui Otsuka Blue Planet,” ungkap Ade. 

Sebagai informasi, PT Amerta Indah Otsuka yang berdiri sejak 1997 merupakan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co. Ltd. dari Jepang. Perusahaan ini mendirikan pabrik di Cicurug, Sukabumi dan di Kabupaten Pasuruan, Jatim dengan total karyawan lebih dari 1.300 karyawan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.