Cara Cek BSU Tahap 4 atau BLT Subsidi Gaji yang Cair Mulai Hari Ini

Kompas.com - 03/10/2022, 20:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 cair mulai hari ini Senin (3/10/2022). Pencairan BLT subsidi gaji atau BSU tahap 4 diberikan kepada sekitar 1 juta pekerja yang memiliki rekening Bank Himbara (BRI, BTN, BNI, dan Mandiri).

"Kabar baik untukmu Rekanaker. #BSU2022 Tahap 4 mulai akan dicairkan hari ini ke rekening penerima. Yuk cek rekeningmu Rekanaker," tulis akun Instagram resmi Kemnaker, dikutip Senin (3/10/2022). 

 

Para pekerja atau buruh yang telah ditetapkan sebagai calon penerima BSU 2022, dapat melakukan pengecekan status pencairan tahap 4 secara online di laman https://kemnaker.go.id.

Baca juga: Tragedi Stadion Kanjuruhan, Erick Thohir: Tidak Ada Sepak Bola Seharga Nyawa 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan bahwa penerima BSU tahap 4 telah dilakukan pemadanan atau pencocokan data yang memenuhi syarat penerima BSU 2022.

"Kami kemarin (Kamis (29/9) telah menerima data BSU tahap keempat, kami padankan. Jumlah tersebut berkurang, kalau nggak salah dari 1,5 juta, sekitar 1,2 juta sudah clean dari pemadanan nggak ada persoalan," ujarnya.

Cara cek penerima BSU tahap 4

Status penyaluran BSU atau BLT subsidi gaji dapat diketahui dengan mengakses laman kemnaker.go.id. Namun sebelumnya, Anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan menyiapkan KTP, alamat e-mail, dan nomor handphone aktif.

Baca juga: Gandeng Perusahaan Farmasi Inggris, Erick Thohir: Bio Farma Akan Kembangkan Obat Hemofilia

 

Berikut langkah-langkah pendaftaran akun di laman Kemnaker:

  • Akses laman https://account.kemnaker.go.id/auth/login 
  • Pada halaman login, klik tombol “Daftar Sekarang”
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP, nama lengkap, dan nama ibu kandung
  • Masukkan alamat e-mail dan nomor handphone yang masih aktif, serta password untuk login dan mengakses layanan di Kemnaker
  • Jika seluruh data pengisian telah benar, klik “Daftar Sekarang”
  • Anda akan mendapatkan kode OTP melalui SMS untuk verifikasi akun.

Setelah pendaftaran akun selesai, Anda bisa login atau masuk dengan nomor handphone atau email dan password yang telah dibuat. Berikut caranya:

  • Akses laman https://kemnaker.go.id 
  • Masuk atau login menggunakan akun yang telah terdaftar, lalu lengkapi biodata, seperti foto profil, status pernikahan hingga tipe lokasi
  • Cek pemberitahuan, yang akan berisi mengenai status penerima subsidi upah, seperti terdaftar sebagai calon penerima BSU atau tidak terdaftar, serta menunjukkan memenuhi syarat atau tidaknya.
  • Jika terdaftar sebagai calon penerima BSU, Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai status penerima BSU. Seperti terdaftar sebagai calon penerima BSU atau tidak terdaftar, memenuhi syarat atau tidak, serta notifikasi mengenai penyaluran dana kepada penerima bantuan.

Baca juga: Jadikan FABA Filler Pupuk NPK, Petrokimia Gresik Hemat Rp 7,4 Miliar

Nantinya, jika dana bantuan sebesar Rp 600.000 telah tersalurkan, maka Anda akan memperoleh pemberitahuan mengenai status penyaluran BSU 2022 seperti ini:

“Hai, ada kabar baik nih… Bantuan Subsidi Gaji/Upah 2022 sebesar Rp 600.000 (enam ratus ribu rupiah) telah cair ke rekening Anda di Bank Mandiri. Selamat ya”.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.