Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pekanbaru-Bangkinang Resmi Beroperasi, Masih Gratis

Kompas.com - 28/10/2022, 08:21 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi mengoperasikan tanpa tarif Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru - Bangkinang pada hari Kamis (27/10).

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan bahwa selama beberapa minggu ke depan masyarakat Riau sudah dapat melintas di jalan tol Pekanbaru - Bangkinang secara gratis.

“Selama masa sosialisasi, pengguna jalan yang ingin melintas masih belum dikenakan tarif atau masih belum berbayar," kata Dwi dalam keterangannya, Jumat (28/10/2022).

"Sehingga banyak hal yang perlu diedukasi seperti informasi mengenai aturan dan tata tertib berkendara di jalan tol, cara penggunaan kartu uang elektronik di jalan tol, informasi call center yang harus dihubungi, serta himbauan berkendara dengan selamat," kata dia lagi.

Baca juga: Pakai Uang Rakyat, Kemenkeu Tegur BUMN agar Hati-hati Investasi Properti

Selama masa penggunaan tol tanpa tarif itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi secara masif. Diharapkan, mulai banyak pengendara beralih menggunakan jalan tol untuk mengurangi beban jalan arteri.

"Oleh karena itu, sosialisasi masif secara offline dan online akan kami gencarkan pada masa sosialisasi ini,” tutur Dwi.

Masa sosialisasi beroperasi tanpa tarif ditetapkan oleh Kementerian PUPR selaku regulator.

“Nantinya setelah masa sosialisasi selesai, tarif tol akan diberlakukan sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1189/KPTS/M/2022 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang,” imbuh Dwi.

Hutama Karya mencatat trafik kendaraan yang melintas di Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang per 27 Oktober 2022 pukul 03.00 WIB ini mencapai 1.592 kendaraan melalui GT Bangkinang paska dioperasikan kemarin, mulai pukul 07.30.

Baca juga: KCIC Buka Peluang Bisnis Rumah Sakit di Pinggir Stasiun Kereta Cepat

“Meskipun masih belum bertarif, pengguna jalan harus tetap menyiapkan kartu uang elektronik untuk tapping kartu dan menggunakan satu kartu untuk satu kendaraan saat memasuki gerbang tol,” kata Dwi.

Untuk kondisi lalu lintas saat ini, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya di mana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE.

Baca juga: Zulhas Klaim Minyak Goreng Langsung Turun begitu Dirinya Jadi Mendag

Selain itu, Hutama Karya terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke call centre masing-masing cabang tol.

Baca juga: Simak Biaya BBN Motor Terbaru, Syarat, dan Cara Mengurusnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com