Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Ekspansi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Bisnis

Kompas.com - 29/10/2022, 20:39 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekspansi adalah istilah yang barangkali sudah tidak asing lagi, terutama dalam dunia ekonomi dan bisnis. Namun, sebagian orang mungkin belum memahami apa itu ekspansi

Lantas, apa itu ekspansi

Secara umum arti ekspansi adalah sebuah proses atau tindakan yang dilakukan agar sesuatu usaha dapat menjadi lebih besar atau luas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti ekspansi yang terkait dengan ekonomi adalah perluasan peredaran uang ke dalam sirkulasi. 

Baca juga: Tingkat Inklusi Keuangan Indonesia 2022 Meningkat, Kini Capai 85,1 Persen

Sedangkan dalam kamus bahasa Cambridge Dictionary, arti ekspansi adalah suatu usaha dalam menambah ukuran jumlah atau kepentingan tertentu.

Dengan kata lain, arti ekspansi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membuat hal yang dimaksud menjadi meningkat atau lebih besar.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendefinisikan ekspansi adalah aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain.

Arti ekspansi juga dapat dipahami sebagai peningkatan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha (expansion).

Baca juga: ID FOOD Ungkap Upaya Mitigasi Perubahan Iklim 2023 di Sektor Pangan

Arti ekspansi menurut para ahli

Para ahli ekonomi memberikan pendapat yang beragam mengenai arti ekspansi dalam dunia ekonomi dan bisnis. 

Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto, ekspansi adalah suatu perluasan modal dalam suatu perusahaan, baik itu modal kerja ataupun modal tetap.

Alex S. Nitisemito

Sementara, Alex S. Nitisemito menjelaskan bahwa arti ekspansi adalah suatu usaha untuk memperbesar ukuran perusahaan, baik itu dalam skala produksi ataupun cakupan pasar, karena adanya peningkatan permintaan atas suatu produk yang perusahaan tersebut dihasilkan.

Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti

Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti mengatakan bahwa arti ekspansi adalah suatu proses perluasan dunia usaha dengan cara meningkatkan kapasitas pabrik, penambahan modal baru, unit produksi atau merger serta akuisisi perusahaan.

Baca juga: Tanker MT Young Yong Kandas, Kemenhub Kerahkan 2 Kapal Patroli KPLP

Dengan demikian, ekspansi adalah suatu upaya untuk memperluas atau memperbesar jaringan usaha dari suatu perusahaan, dengan tujuan untuk meningkatkan profit perusahaan tersebut di masa mendatang.

Ekspansi adalah aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas hingga perekrutan pegawaiFreepik Ekspansi adalah aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas hingga perekrutan pegawai

Jenis-jenis ekspansi

Berikut ini beberapa jenis ekspansi perusahaan yang biasa digunakan:

1. Ekspansi bisnis

Ekspansi bisnis adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh para pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Misalnya pengusaha menambah kapasitas produksi maupun distribusinya untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com