Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bakal Cek Langsung Simulasi Pengamanan Jelang KTT G20

Kompas.com - 08/11/2022, 19:51 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengecek Tactical Floor Game (TFG) yang dibuat oleh jajaran TNI.

Lokasi dari TFG ini terletak di Gelanggang Olahraga (GOR) Praja Raksaka, Provinsi Bali, Selasa (8/11/2022).

Tactical Floor Game adalah kegiatan simulasi pengamanan yang dilakukan oleh prajurit militer sehingga aparat keamanan yang bertugas memiliki gambaran mengenai situasi saat KTT G20 nanti, serta dapat mengantisipasi berbagai potensi ancaman yang ada.

"Hari ini saya mengunjungi GOR Praja Raksaka untuk melihat persiapan TFG, yang akan disaksikan langsung oleh Presiden @jokowi esok hari dalam rangka persiapan final KTT G20 2022," ucap Luhut dalam keterangan Instagramnya yang telah terverifikasi.

Baca juga: Penataan Mangrove Tahura Rampung, Jokowi: Kita Siap Terima Tamu G20 di Bali

Luhut menjelaskan, secara berurutan, nantinya jalannya rangkaian latihan dari unsur darat, laut dan udara ditampilkan di atas maket simulasi Tactical Floor Game.

"Mungkin inilah pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, seorang Presiden ikut langsung dalam agenda TFG," katanya.

Luhut yang juga sebagai Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaran Acara KTT G20 Indonesia ini mengimbau kepada seluruh satuan tugas pengamanan pelaksanaan KTT G20 agar memahami tugasnya serta memastikan kelancaran acara tersebut.

"Sebagai senior, saya mengimbau kepada seluruh satuan tugas agar memahami tugasnya masing-masing, siapa berbuat apa, itulah refleksi profesionalisme TNI dan Polri. Semua harus "all out" menjalankan pekerjaannya sehingga mampu mengamankan gelaran acara berskala dunia dengan lancar dan aman," kata dia.

Baca juga: Luhut: Persiapan KTT G20 Rampung 2-3 Hari Lagi, Tinggal Teknis Kecilnya Saja


Sebelumnya pada 7 November, Luhut telah melakukan pengecekan pada gelar pasukan pengamanan KTT G20 Indonesia yang diselenggarakan oleh TNI-Polri.

Selain itu, mantan Jenderal Satgas Tempur Kopassus ini juga mengecek kembali beberapa tempat acara seperti Hotel Apurva Kempinski, Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove, dan Garuda Wisnu Kencana (GWK) sebagai lokasi yang akan dikunjungi delegasi KTT G20 pada 15-16 November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com