Arief Rosyid
Komisaris Bank Syariah Indonesia

Dokter gigi, saat ini menjabat sebagai Komisaris Bank Syariah Indonesia. | Ketua Umum PB HMI periode 2013-2015. | “70 Tokoh Berpengaruh di Indonesia 2015” versi majalah Men’s Obsession. | Ketua Departemen Kaderisasi Pemuda Dewan Masjid Indonesia (DMI) tahun 2018. | Konsistensinya mengembangkan ekosistem ekonomi syariah, masuk dalam "30 Tokoh Muda Inspiratif Republika". | Tokoh Penggerak Ekonomi Syariah Indonesia versi Bank Indonesia. | Saat ini tengah menyelesaikan pendidikan doktoral.

Membaca Digitalisasi Ekosistem Islam di Indonesia

Kompas.com - 25/11/2022, 10:10 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

INDONESIA menempati peringkat pertama negara dengan ekosistem Islam terbesar di dunia yakni 13 persen dari total penduduk Islam dunia. Angka itu tidak main-main, sebab Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-empat di dunia.

Berdasarkan data Pew Research Center, populasi muslim dunia diproyeksi mengalami peningkatan secara prosentase populasi tahun 2010-2050 mencapai 73 persen. Data tersebut menunjukkan posisi Indonesia tidak hanya sebagai etalase umat muslim di dunia, juga lebih dari itu sebagai wajah umat beragama di seluruh dunia.

Beberapa pekan lalu, tepatnya 1 November 2022 saya bertandang ke Portugal untuk menghadiri acara WebSubmmit dan TWT Event, serta ikut menyampaikan tentang Digital Islamic Ecosytem.

Pada kesempatan itu, saya menyampaikan tiga hal terkait Digitalisasi Ekosistem Islam

Pertama, bagaimana populasi Muslim di Indonesia mengambil dan memberi pengaruh yang besar dalam sektor perekonomian.

Kedua, bagaimana peran pemuda muslim dalam memanfaatkan perkembangan dan potensi digital yang ada.

Ketiga bagaimana Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan lokomotif dalam memajukan ekonomi umat yang akan berdampak pada Indonesia maju.

Baca juga: Meningkat Selama 3 Tahun, Indeks Literasi Ekonomi Syariah Indonesia 2022 Sebesar 23,3 Persen

Potensi Keuangan Syariah di Indonesia

Mewakili PT Bank Syariah Indonesia, tbk., saya menekankan bahwa 87 persen penduduk di Indonesia adalah Muslim dan sekitar 45 persen memiliki preferensi dalam mengelola keuangannya dengan sistem syariah, yang berarti merupakan potensi besar untuk menumbuhkan Ekosistem Islam di Indonesia.

Seperti diketahui bahwa perbankan syariah merupakan salah satu penopang utama ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Saat ini, 89,26 persen aset lembaga keuangan syariah merupakan konstribusi perbankan syariah. Adapun sekitar 70 persen kegiatan ekonomi syariah masih bertumpu di perbankan syariah.

Namun, pertama-tama mari kita mengkaji apa itu Ekosistem Islam? Ekosistem Islam adalah satu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara satu dengan yang lain, misalnya Masjid dan jamaah di sekitarnya atau pesantren dan santri yang mengikuti pendidikan di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.