Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Natal & Tahun Baru, KAI: Sudah 254.336 Tiket KA Terjual

Kompas.com - 28/11/2022, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan tiket kereta api untuk angkutan masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 masih tersedia.

Sejak dibuka penjualannya pada 7 November 2022, tiket KA Jarak Jauh pada masa Nataru telah dipesan oleh masyarakat sampai dengan Senin 28 November 2022 mencapai 254.336 tiket atau masih 12 persen.

KAI menyediakan total tiket KA Jarak Jauh pada Nataru ini sebanyak 2.141.942 tiket.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia.

Baca juga: Tiket Kereta Api Masa Liburan Akhir Tahun Sudah Bisa Dipesan, Simak Syaratnya

“KAI melihat pergerakan masyarakat untuk periode Natal dan Tahun Baru tahun ini cukup stabil karena Hari Raya Natal tahun ini jatuh pada hari Minggu,” kata Joni dalam siaran persnya, Senin (28/11/2022).

Lebih lanjut Joni mengatakan, pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini, KAI menerapkan masa angkutan Nataru adalah pada 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. Sejauh ini tanggal favorit masyarakat menggunakan kereta api yaitu pada 23 Desember 2022 untuk arus mudik serta 1 Januari 2023 untuk arus balik.

Pada perjalanan 23 Desember 2022, tiket KA Jarak Jauh yang terjual yaitu sebanyak 31.020 tiket.

Joni menjelaskan, pada tanggal tersebut terdapat sejumlah KA yang keterisian tempat duduknya sudah di atas 90 persen yaitu seperti KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi, KA Mataram relasi Pasarsenen - Solo Balapan, KA Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung, KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar, dan lainnya.

Adapun pada perjalanan 1 Januari 2023, tiket KA Jarak Jauh yang terjual yaitu sebanyak 23.425 tiket.

Pada tanggal tersebut terdapat sejumlah KA yang keterisian tempat duduknya sudah di atas 70 persen yaitu seperti KA Serayu relasi Purwokerto - Pasarsenen, KA Bangunkarta relasi Jombang - Pasarsenen, KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir, KA Kahuripan relasi Blitar - Kiaracondong, dan lainnya.

"KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. Untuk menggunakan Kereta Api Jarak Jauh, pelanggan berusia 18 tahun ke atas harus telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) dan pelanggan usia 6-17 telah vaksin kedua, sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022," ujar Joni.

"Kami secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik. Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api," pungkas Joni.

Baca juga: Redam Kenaikan Harga Jelang Nataru, Ini Jurus Pemerintah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+