Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Layanan Identitas Digital yang Mumpuni dalam Ekosistem Keuangan

Kompas.com - 30/11/2022, 22:43 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan identitas digital yang mumpuni sangat penting untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat, termasuk untuk fintech.

Terkait hal itu, penyedia identitas digital, VIDA mendorong identitas digital yang aman dan nyaman agar dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat luas dalam mengakses berbagai keperluan di ekosistem digital.

Director of Public Affairs VIDA Chaerany Putri mengatakan, semasa pandemi interaksi di dunia digital tidak terbatas pada hiburan, tetapi juga keperluan pokok seperti perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

Baca juga: Terbitkan Buku Putih Rupiah Digital, Gubernur BI: Kami Namakan Proyek Garuda

Namun demikian, sebanyak 71 persen pekerja sektor informal memaparkan, risiko keamanan dan penipuan menjadi penghalang mereka untuk menggunakan pembayaran digital atau dompet digital.

"Aspek kepercayaan menjadi signifikan dikarenakan identitas digital yang digunakan berperan sebagai kunci yang menghubungkan akses antara pengguna dengan aset berharganya yakni data pribadi," ujar dia dalam Media Clinic, Rabu (30/11/2022).

Ia menambahkan, masih maraknya kasus kebocoran data yang membayangi industri digital membuat implementasi identitas digital lintas industri menjadi kunci untuk mendorong rasa percaya pada layanan digital.

Putri memaparkan, teknologi identitas digital seperti tanda tangan digital dan verifikasi identitas secara online telah menjadi tulang punggung berbagai layanan digital.

Bagi sektor jasa keuangan, verifikasi identitas menjadi sebuah urgensi karena kebutuhan verifikasi terkait kepatuhan AML/CTF (Anti-money Laundering and Counter-terrorism Financing).

Bagi sektor e-commerce, verifikasi identitas digital dibutuhkan untuk mencegah berbagai kejadian fraud yang masih marak karena adanya kesalahan manusia dalam berbagai transaksi.

Sedangkan di lini kesehatan, efisiensi administrasi kesehatan dan asuransi berbasis digital semakin krusial karena dapat menghemat waktu dalam penanganan medis.

"Identitas digital merupakan sistem identifikasi penduduk dalam format digital yang dapat mempresentasikan individu secara unik dan terpercaya di dalam ekosistem digital," tandas dia.

Sebagai informasi, sejak berdiri tahun 2018 VIDA telah berkolaborasi oleh berbagai partner di industri keuangan seperti Kredivo, Bank Jago, Ajaib, OpenBank+, dan IFG Life.

Produk verifikasi identitas secara online dari VIDA mendukung perbankan digital dalam mengotomatisasi proses pembukaan rekening bank secara digital dengan teknologi facial recognition dan liveness detection.

Baca juga: Identitas Digital Dinilai Bisa Meminimalisir Resiko Kejahatan Siber

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com