Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Luncurkan BatumbuNeo, Batumbu dan GrosirOne Berupaya terhadap Pertumbuhan UMKM di Indonesia

Kompas.com - 29/12/2022, 14:31 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Menjalin kerja sama sejak 2020, PT Berdayakan Usaha Indonesia sebagai pemilik resmi merek dagang Batumbu serta GrosirOne terus mengupayakan pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Kini, keduanya menyelenggarakan kegiatan inklusi keuangan digital dan menghadirkan produk baru, yaitu BatumbuNeo.

“Kami bersinergi bersama dalam mendistribusikan solusi, menyokong serta membantu UMKM Indonesia untuk menjadi lebih maju. Kami percaya kerja sama yang dilakukan dapat memberikan kontribusi besar dalam memajukan perekonomian di Indonesia” ucap CEO GrosirOne, Erben Noerman, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Sebagai informasi, GrosirOne merupakan startup penyedia solusi supply chain. Lewat kerja sama itu, Wirausaha GrosirOne, khususnya stockist dan merchant (mitra) dapat melakukan transaksi melalui akses uang elektronik, akses untuk kartu debit, akseptasi transaksi elektronik melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), dan akses pendanaan modal kerja.

Adapun soft launching Aplikasi BatumbuNeo dilaksanakan di Pasar Cisalak, Depok pada Rabu (28/11/202). Selain Erben, acara dihadiri CEO Batumbu PT Berdayakan Usaha Indonesia Jenny Wiriyanto.

Lewat BatumbuNeo, wirausahawan dapat mendapatkan beragam kemudahan, antara lain akses pembiayaan modal kerja sampai Rp 2 juta yang dapat digunakan melalui kartu BatumbuNeo, khusus untuk transaksi di jaringan GrosirOne.

Kemudian, akses penerimaan transaksi digital melalui QRIS. Jadi, merchant dapat menerima pembayaran melalui bank atau dompet digital yang sudah terkoneksi dengan QRIS.

Selanjutnya, akses untuk menambah pendapatan dengan menjual produk Payment Point Online Banking (PPOB) kepada end-customer yang bisa dibeli di BatumbuNeo.

Terakhir, akses untuk saldo e-wallet yang bisa digunakkan sebagai money-in, seperti top-up, transaksi QRIS, dan pendanaan, serta money-out untuk transaksi debit dan cash withdrawal.

Batumbu dan GrosirOne melakukan kunungan lapangan pada salah satu mitra.Dok Batumbu Batumbu dan GrosirOne melakukan kunungan lapangan pada salah satu mitra.

“Dengan terjalinnya kerja sama antara Batumbu dan GrosirOne, kami harap dapat meningkatkan potensi UMKM dalam membangun aliansi kemitraan strategis,” tambahnya.

Pihaknya, kata Jenny, juga ingin menghasilkan solusi keuangan kreatif dengan pendekatan yang dilakukan pihaknya lewat rantai pasok dari hulu ke hilir secara holistik untuk pemberdayaan ekosistem yang berkelanjutan.

“Kami yakin, hal ini dapat mempercepat kebangkitan dan pergerakkan roda perekonomian UMKM Indonesia menuju Indonesia maju dan tangguh,” jelas Jenny.

Sebagai informasi Batumbu merupakan salah satu layanan teknologi finansial peer to peer (P2P) lending yang bergerak pada bidang pembiayaan sektor produktif UMKM di Indonesia.

Pada 2019, Batumbu resmi terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lalu, Batumbu menerima Izin Usaha Penyelenggara Pelayanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi pada Februari 2022.

Adapun pencapaian Batumbu hingga November 2022 telah mencapai Rp 10,5 triliun.

Terhitung sejak awal berdiri pada 2019, Batumbu telah berhasil menyalurkan pendanaan produktif ke sektor UMKM sebesar Rp 16,7 triliun melalui lebih dari 141.000 faktur tagihan dengan posisi akhir pendanaan pada November 2022 sebesar Rp 1,3 triliun. Pendanaaan disalurkan pada 26 provinsi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com