Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik 2023

Kompas.com - 03/02/2023, 11:06 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) dapat dilalui kendaraan saat mudik Lebaran 2023, namun perlu diwaspadai terkait pergerakan tanah dan kepadatan lalu lintas.

"Tol Cisumdawu pada saat mudik Lebaran 2023 secara teknis sudah bisa dilalui kendaraan," kata Hedy di Cirebon, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Jumat (3/2/2023).

Menurutnya, dengan beroperasinya Tol Cisumdawu maka lalu lintas di Tol Cipularang, bisa berkurang, karena selama ini kendaraan dari Bandung ke Cirebon maupun sebaliknya memanfaatkan Tol Cipularang.

Sehingga dapat dipastikan adanya pengurangan beban di jalur tol tersebut, namun, kata Hedy, kepadatan akan terjadi di Dawuan yang bertemu dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali), untuk itu perlu adanya rekayasa yang tepat.

Baca juga: Gaji UMR Purwokerto atau Banyumas 2023 Terbaru

Selain itu, lanjut Hedy, jalan tol tersebut juga sangat rawan pergerakan tanah, untuk itu perlu penanganan yang lebih baik lagi, agar bisa dilalui dengan lancar.

"Volume kendaraan di Tol Cipularang akan berkurang, namun Dawuan Cirebon perlu diwaspadai juga, terkait kepadatan," ujarnya.

Hedy menambahkan dengan adanya Tol Cisumdawu, biasanya akan dipadati oleh masyarakat yang penasaran, apalagi nanti dari Bandung ke Cirebon kurang dari dua jam, sehingga kepadatan akan terjadi.

"Ini pasti akan terjadi peningkatan lalu lintas, apalagi sudah sangat singkat, dan bahkan bisa mengurangi volume kendaraan di Tol Cipali," katanya.

Baca juga: Gaji UMR Cilacap 2023 dan 34 Daerah Se-Jateng

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com