Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Kunci Menggaet Investor untuk Bisnis

Kompas.com - 20/02/2023, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Dalam berbisnis, tentunya diperlukan modal yang tak sedikit. Itu sebabnya terkadang suatu bisnis memerlukan investor sebagai penyuntik modal. Namun, menggaet investor yang loyal dan sejalan dengan visi misi bisnis tidaklah mudah.

Dalam siniar CUAN edisi Saran Keuangan episode “Hal Penting untuk Meyakinkan Investor” dengan tautan akses dik.si/CUANInvestor, dijelaskan oleh Gufron Syarif, pemilik bisnis Haus!, beberapa kunci penting untuk meyakinkan investor pada bisnis kita.

Selain hal penting yang telah Gufron paparkan, ada pula kunci lainnya yang bisa diterapkan untuk menarik investor. Mengutip Forbes, berikut adalah strategi lainnya agar investor tertarik dengan bisnis kita.

1. Fokus pada Hasil dan Pengembangan Produk

Semakin banyak peminat produk atau jasa bisnis kita, semakin mudah pula investor memberi dana. Peminat atau banyaknya konsumen sangat menjadi pertimbangan investor karena bisnis perlu memiliki target pasar yang jelas.

Baca juga: Investasi Menggunakan Robot Trading, Apakah Aman?

Jadi jika baru memulai bisnis, fokus untuk menjual dan mengembangkan produk atau jasa. Lakukan pula evaluasi setiap bulan atau kuartal agar produk bisnis dapat berkembang. Ini adalah komponen lain yang investor pertimbangkan. Jangan sampai bisnis kita hanya diam di tempat dan tak ada perkembangan.

2. Lakukan Promosi

Kini, promosi bisnis dapat dilakukan lewat media sosial. Selain menarik pembeli, promosi juga bisa meningkatkan brand awareness sehingga makin banyak orang yang tahu. Terkadang pula kita bisa mendapat investor dari melakukan promosi.

Carilah platform media sosial yang sesuai dengan bisnis dan target pasar, misalnya TikTok jika produk atau jasa menargetkan remaja. Kemudian, buatlah unggahan yang menarik. Jika perlu, berikan pula promo-promo menarik, seperti diskon atau giveaway.

3. Transparan

Jika ingin mendapatkan kepercayaan investor, kita perlu transparan terhadap bisnis. Jelaskan bagaimana kondisi bisnis atau keuangan, visi misi, hingga tujuan yang ingin diraih. Hal ini disebabkan investor pasti mencari perusahaan atau bisnis yang memiliki value yang sejalan dengan mereka.

4. Buat Pitch Deck Persuasif

Sebelum mendapat investor, proses yang perlu dilakukan adalah melakukan presentasi di depan mereka. Bahkan, proses inilah yang menentukan kesuksesan investor dalam berinvestasi pada suatu perusahaan atau bisnis.

Baca juga: Emas Jadi Instrumen Investasi Paling Aman, Apa Benar?

Itu sebabnya, kita perlu membuat bahan presentasi yang menarik sekaligus persuasif. Selain fokus pada visual, perhatikan pula data-data pendukung. Berikan pula penjelasan logis mengapa investor harus berinvestasi pada bisnis kita.

Perhatikan pula durasi waktu presentasi. Jangan sampai durasi melebihi 20 menit karena itu akan membosankan bagi investor.

5. Mulai Dengan Satu Investor Utama

Saat ingin menetapkan tujuan investor, lakukanlah secara bertahap. Fokuslah pada satu investor agar persiapannya bisa berjalan dengan baik. Pasalnya, ada karakteristik berbeda dari setiap investor sehingga presentasinya pun tentu akan berbeda. Mulailah urutkan dari investor prioritas hingga investor cadangan lainnya.

Lantas, bagaimana cara menggaet investor ala Gufron Syarif?

Dengarkan jawaban lengkapnya dalam siniar CUAN edisi Saran Keuangan episode “Hal Penting untuk Meyakinkan Investor” dengan tautan akses dik.si/CUANInvestor.

Di sana, ada banyak pula informasi seputar keuangan yang bisa menambah literasi finansialmu. Tunggu apalagi? Ikuti siniarnya sekarang juga dan akses playlist-nya di YouTube Medio by KG Media agar kalian tak tertinggal tiap episode terbarunya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com