Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta: Pelaku Pelecehan Seksual Sudah Ditangkap, Harus Ditindak Tegas

Kompas.com - 21/02/2023, 18:09 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial Twitter tentang pengakuan seorang wanita penumpang Transjakarta rute Pulogadung-Harmoni yang mengalami pelecehan seksual di dalam armada bus TransJakarta pada Senin (20/2/2023).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Apriastini Bakti Bugiansri membenarkan kejadian tersebut.

"Terkait video pelecehan seksual yang dialami oleh seorang pelanggan wanita ketika berada dalam armada bus layanan Transjakarta rute Pulogadung-Harmoni pada Senin malam, benar kejadian tersebut memang terjadi," ujar dia kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Baca juga: Mantan Bos Transjakarta hingga MRT Jakarta Dilantik Jadi Pejabat Otorita IKN

Merespons laporan korban, Transjakarta telah menindaklanjuti kejadian tersebut dan menyerahkan pelaku kepada kepolisian.

"Pelaku sudah ditangkap dan diamankan oleh pihak berwajib," imbuh dia.

Apriastini berterima kasih atas keberanian korban untuk menyikapi kejahatan yang terjadi di lingkungan layanan Transjakarta, termasuk pelecahan seksual.

Hal tersebut termasuk juga kesigapan dari petugas Pramusapa Transjakarta yang sendang bertugas saat itu.

Baca juga: Transjakarta Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Pramudi Bus, Cek Kualifikasinya


Lebih lanjut, pihaknya menolak dan mengecam keras dan tegas adanya tindakan pelecehan seksual di transportasi umum, khusunya Layanan Transjakarta.

"Siapapun pelakunya harus ditindak keras dan tegas sesuai hukum. Selanjutnya untuk penanganan kasus, kami serahkan ke pihak berwajib," tandas dia.

Sebelumnya, akun Twitter dengan akun @everflawle** mengungah sebuah utas yang menceritakan pengalamannya mengalami pelecehan seksual di dalam armada Transjakarta.

"Senin, 20 Februari 2023. Saya, Haura, pengguna akun ini dilecehkan oleh laki-laki degnan digesek-gesek alat kelaminnya ke bokong saya. Kejadian ini berlangsung dari Transjakarta rute Monas-Pulogadung," tulis dia, dikutip Selasa (21/2/2023).

Baca juga: Penumpang Transjakarta Keluhkan Saldo Terpotong Dua Kali, Ini Respons Manajemen

Korban pelecahan tersebut kemudian menindaklanjuti peristiwa tersebut dengan mengikuti pelaku turun di Halte Rawa Selatan.

"Saya pun langsung menarik badannya untuk menyudutkan oknum ini. Dengan tenaga dan badan saya yang memang memadai untuk melakukan hal ini saya menahan oknum ini sampai kedua pria (baju oren dan hitam) menaham oknum agar tidak kabur," tulis utas itu kembali.

Di dalam video utas itu diperlihatkan, pelaku berusaha melarikan diri dengan melompat dari halte Transjakarta ke jalan raya, tetapi pelaku tersungkur jatuh. Segera, dua petugas menahan pelaku.

Baca juga: PT Transjakarta Targetkan Punya 10.000 Bus Listrik pada 2030

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com