Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Produk Paling Banyak Dicari saat Ramadhan Versi Tokopedia

Kompas.com - 24/02/2023, 07:43 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Minat masyarakat untuk berbelanja melalui e-commerce mengalami peningkatan pada periode Ramadhan.

Platform e-commerce Tokopedia menyatakan, hal itu tercermin dari adanya kenaikan jumlah page view serta jumlah pesanan pada Ramadhan lalu.

VP of Marketing Solutions Edwin Cahyadi mengatakan, pada Ramadan tahun lalu jumlah product page view di platform Tokopedia meningkat labih dari 50 persen dan jumlah pesanan meningkat lebih dari 77 persen.

Adapun hasil riset menunjukkan, masyarakat sebenarnya sudah mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadhan sejak sebulan sebelumnya.

Sementara untuk pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadhan atau saat pembagian tunjangan hari raya (THR).

Baca juga: Tokopedia dan Asosiasi E-commerce Dorong Pembeli Genteng Rp 28,7 Juta Lapor Polisi

Jika dilihat berdasarkan kategori produknya, sebenarnya hampir semua produk mengalami peningkatan pencarian pada periode Ramadhan.

Namun, lima kategori produk yang paling banyak dicari selama Ramadhan ialah fesyen, otomotif dan aksesoris, makanan dan minuman, rumah tangga, serta smartphone dan tablet.

Kemudian, beberapa kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain fesyen, makanan dan minuman, kesehatan, otomotif dan aksesoris, serta rumah tangga.

"Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi hampers dan dekorasi, bumbu dan peralatan masak, gaming, perlengkapan travel dan kecantikan," kata Edwin, dalam media briefing, Kamis (23/2/2023).

Baca juga: Kasus Beli Genteng Rp 28,7 Juta di Tokopedia tapi Tak Dikirim, Bisa Jadi Penjual Ada Deal dengan Kurir

 


Dengan melihat adanya peningkatan tersebut, Edwin mendorong para pedagang untuk memanfaatkan strategi pemasaran yang disediakan Tokopedia Marketing Solutions.

Melalui solusi tersebut, pelaku bisanis dapat memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan, seperti halaman utama dengan menggunakan banner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com