Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cermati 3 Saham Pendatang Baru BEI, Kompak Melesat Sampai Sentuh ARA

Kompas.com - 08/03/2023, 19:21 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan 3 perusahaan tercatat atau emiten baru pada perdagangan Rabu (8/3/2023). Ketiga saham itu kompak melesat pada perdagangan perdananya, bahkan dua di antaranya terkena auto reject atas (ARA).

Para pendatang baru itu ialah, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), PT Saptausaha Gemilangindah Tbk (SAGE) dan PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON). Ketiga perusahaan itu menjadi emiten ke-24 hingga 26 di BEI pada tahun ini.

Mengacu data RTI, saham-saham pendatang baru itu melenggang di zona hijau pada perdagangan perdananya. Saham CUAN dan SAGE bahkan sudah terkena ARA pada paruh pertama perdagangan hari ini.

Baca juga: Melihat Pergerakan Saham 4 Emiten yang Baru Melantai Hari Ini, Ada yang Terkena ARA dan ARB

SAGE

Saham SAGE mencatatkan kenaikan sebesar 35 persen dari harga pelaksanaan sebesar Rp 100 ke Rp 135. Saham emiten properti ini langsung melesat pada pembukaan perdagangan.

Data RTI menunjukan, saham SAGE ditransaksikan sebanyak 20.324 kali hari ini. Adapun jumlah saham yang diperdagangkan mencapai 887,30 juta lembar dengan nilai Rp 117,49 miliar.

Sebagai informasi, SAGE melepas 1,61 miliar sahamnya dalam aksi penawaran saham umum perdana atau IPO. Dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 100 per saham, SAGE berhasil menghimpun dana segar sebesar Rp 161 miliar.

Baca juga: 10 Saham Paling Banyak Dijual Asing pada Perdagangan Kemarin

CUAN

Selain SAGE, penguatan mencapai level batas atas transaksi harian juga dicatatkan oleh saham CUAN. Saham milik taipan Prajogo Pangestu itu melesat 24,55 persen, dari harga pelaksanaan Rp 220 ke Rp 274.

Saham emiten energi itu ditransaksikan sebanyak 9.600 kali hari ini. Volume saham yang diperjualbelikan mencapai 106,40 juta lembar, dengan nilai sebesar Rp 28,82 miliar.

Lewat aksi IPO, CUAN melepas 1,69 miliar lembar sahamnya ke publik. Dengan demikian, perusahaan mendapatkan dana sebesar Rp 371,80 dari aksi korporasi itu.

Baca juga: BEI Kedatangan Emiten Baru, Simak Pergerakan Sahamnya

TRON

Meskipun tidak terkena ARA, saham TRON juga menorehkan kinerja yang cemerlang pada perdagangan perdananya. Saham perusahaan teknologi itu menguat 31,11 persen dari harga pelaksanaan Rp 180 ke Rp 236.

Pada hari ini, saham TRON ditransaksikan sebanyak 48.056 kali. Volume saham yang diperjualbelikan mencapai 580,94 juta lembar, dengan nilai sebesar Rp 131,67 miliar.

Melalui IPO, TRON melepas 750 juta lembar sahamnya ke publik. Dengan demikian, perusahaan mendapatkan dana sebesar Rp 135 dari aksi korporasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com