Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Peningkatan Produksi Motor Listrik, SLIS Tambah Modal melalui "Right Issue"

Kompas.com - 13/04/2023, 15:05 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen kendaraan bermotor berbasis tenaga listrik atau Electrical Vihaikel (EV) PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) berencana melakukan penambahan modal melalui skema right issue.

Direktur Keuangan SLIS Wilson Ng mengatakan, aksi korporasi tersebut dilakukan untuk mengembangkan bisnis motor listrik secara berkelanjutan. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung permintaan pasar akan kendaraan listrik.

“Untuk terus memberikan yang terbaik, perseroan dalam waktu dekat bakal melakukan aksi korporasi berupa penambahan modal dengan skema right issue,” kata Wilson dalam siaran pers, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Kini Beli Motor Listrik Volta Bisa lewat Aplikasi Livin Mandiri

Wilson mengatakan, dengan menyediakan produk EV yang terjangkau di masyarakat minat masyarakat akan motor listrik cukup tinggi, sehingga penting bagi SLIS untuk menjawab kebutuhan produk yang terjangkau, bermutu, terintegrasi dengan teknologi, efisien dan terstandarisasi.

“Right issue ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku pasar untuk mengakumulasi kepemilikan saham di dalam perseroan dengan prospek bisnis yang jelas dan cerah,” kata Wilson.

Analis Bahana Sekuritas Dimas Wahyu menyebut, saham SLIS memiliki prospek kinerja yang baik ke depannya. Hal ini merujuk pada laporan keuangan tahun 2022 yang sangat positif. Hal ini juga didorong dengan kebijakan pemerintah dalam mempercepat adaptasi kendaraan listrik di masyarakat.

Baca juga: Perubahan Dokumen Kendaraan Konversi Motor Listrik Dikenakan Tarif Rp 160.000


“Saat ini pemerintah mulai memberikan subsidi bagi pembeli kendaraan listrik dalam rangka mempercepat proses transisi EBT. Dengan semakin meningkatnya permintaan akan kendaraan listrik akan menggenjot meningkatnya produksi sendiri untuk memenuhi pasar dan hal ini menjadi katalis positif untuk kinerja di masa yang akan datang,” ujar Dimas.

Secara historikal, Perseroan sejak lama telah fokus dalam pengembangan bisnis di kendaraan ramah lingkungan.

SLIS juga merupakan salah satu perseroan telah menjalin kemitraan dengan Grab Wheels sejak tahun 2019 untuk pengadaan kendaraan listrik yang digunakan oleh para mitra GrabFood sebanyak 4.000 unit.

Adapun penjualan sepeda motor pada Januari 2023 tercatat mencapai 615.416 unit, naik 38,6 persen secara tahuan dan 27,3 persen secara bulanan. Angka itu melampaui level pre pandemi, yaitu sebesar 8,1 persen atau 569.126 unit pada bulan Januari 2019. Dan salah satu penopang utama dari lonjakan ini adalah motor listrik.

Baca juga: Berhadiah Motor Listrik, Pemerintah Gelar Sayembara Logo IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com