Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Pemerintah Yakin Ritual Mudik Beri Dampak Positif bagi Ekonomi Negara

Kompas.com - 18/04/2023, 21:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dengan adanya pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) maka jumlah pemudik tahun ini diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Sementara itu, pada tahun lalu hanya sebesar 85,5 juta pemudik. Dengan jumlah tersebut diharapkan memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional.

"Pemerintah meyakini bahwa ritual tahunan yang kembali normal ini akan memberikan dampak positif bagi ekonomi negara dan juga daerah. Pergerakan orang besar-besaran ini biasanya diikuti juga permintaan barang dan jasa di daerah asal dan sepanjang jalur mudik," kata dia dikutip dari video Instagram @luhut.pandjaitan, Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Erick Thohir Ajak Masyarakat Mudik Pakai Transportasi Umum

Malah dirinya optimis, sektor-sektor yang lesu akibat situasi pandemi Covid-19 akan kembali bergairah.

"Bagi sektor-sektor yang terpuruk karena pandemi Covid-19 akan kembali bangkit dan bahkan tumbuh lebih tinggi," ucap Luhut.

Maka dari itu, lanjut Luhut, pemerintah sangat mendukung hajatan besar ini mudik Lebaran dengan memberikan perhatian ekstra, memfasilitasi infrastruktur dan sarana untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan mudik.

Baca juga: Kemenhub Temukan 1.600 Pendaftar Mudik Gratis Ganda

"Namun saya menitip pesan agar kita semua hati-hati selama dalam perjalanan hingga ke tempat tujuan. Patuhi semua peraturan perjalanan mudik dan imbauan yang ada. Dengan begitu, perjalanan mudik aman, lancar, dan nyaman bagi semua pengguna jalan," pesannya.

Kasus Covid-19 Meningkat Jelang Lebaran

Selain itu, Luhut yang merupakan mantan Kepala Staf Khusus Kepresidenan ini kembali mengingatkan adanya peningkatan kasus Covid-19.

"Saya juga secara khusus mengingatkan agar terus berhati-hati, karena masih berlangsungnya pandemi Covid-19. Karena sedikit peningkatan kasus akhir-akhir ini. Saya mengajak untuk berhati-hati dan mawas diri atas hal ini," imbaunya.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Ini Daftar Pelebaran Ruas Tol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com