Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhadiah Motor Listrik, Pemilihan Logo IKN Berakhir 20 Mei

Kompas.com - 18/05/2023, 13:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pemilihan logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemilihan logo ini berlangsung hingga 20 Mei 2023.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyebut, saat ini, sudah ada sebanyak 400.000 lebih pemilih. Logo IKN terpilih akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami masih mengundang seluruh masyarakat sekaligus ASN dan TNI/Polri untuk ikut memilih logo sebagai representasi IKN nantinya, dan representasi bangsa Indonesia,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (18/5/2023).

Baca juga: Jokowi Perintahkan Bappenas Revisi UU IKN, Ini Alasannya

Bagi sepuluh orang yang beruntung akan mendapatkan hadiah motor listrik yang ditandatangani langsung oleh Presiden. Masyarakat dapat memilih logo IKN tersebut melalui tautan https://ikn.go.id/pilihlogonusantara.

Menurutnya, atensi publik masih diperlukan sehingga pemilihan logo IKN mempunyai nilai representasi yang baik. Pemilihan logo ini diselenggarakan secara terbuka agar seluruh pihak dapat terlibat langsung dalam proses persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur.

Pada 8-12 Mei 2023 lalu Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) melaksanakan diskusi publik dari lima kandidat logo. Masing-masing kandidat memaparkan makna/nilai dari logo yang dilombakan. Sehingga masyarakat dapat mengenal lebih jauh logo yang akan dipilih.

Berikut adalah nama-nama desainer dari lima logo yang terpilih:

Baca juga: Kajian Terowongan Tol Bawah Laut di IKN Ditargetkan Selesai Tahun Ini

  1. Agra Satria, pendiri dan direktur kreatif MATA Studio, alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.
  2. Aulia Akbar, desainer grafis yang berdomisili di Bandung, ia lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House.
  3. Dimas Fakhruddin, desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Dia merupakan pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi.
  4. Ismiaji Cahyono, kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Lulusan DKV ITB ini mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke the school of the art Chicago melalui beasiswa fulbright.
  5. Wildan Ilham, co-founder Workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.

Baca juga: Luhut Dapat Tugas Baru Tangani Percepatan Investasi di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com