Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjual "Online" Perlu Waspada, Banyak Konsumen Batalkan Transaksi Jika "Chat" Tak Dibalas

Kompas.com - 08/06/2023, 19:27 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 55 persen konsumen berpotensi membatalkan transaksi belanja online jika penjual online tidak responsif dalam membalas chat. Bahkan, 77 persen konsumen berharap bisa mendapatkan respons dari customer service kurang dari 2 menit.

Kedua faktor itu berpotensi menentukan apakah transaksi pembelian di toko online akan sukses atau batal.

Temuan tersebut dilaporkan SleekFlow, perusahaan platform omnichannel social commerce, dalam laporan perilaku belanja online 2023 berjudul “Indonesia Online Shopping Behavior Report 2023”.

Laporan tersebut juga menyuguhkan data menarik seperti, 48 persen konsumen akan bertanya kepada sales agent, customer service atau admin sebelum memutuskan pembelian. Mayoritas konsumen yang selalu bertanya ke agen sebelum membeli adalah yang berusia di atas 30 tahun.

Baca juga: Collaborative Ads Tokopedia-Meta, Bantu Jualan Online Lebih Dilirik Konsumen

Jenis produk yang paling membutuhkan jasa customer service fast response antara lain produk elektronik, fashion, kesehatan (seperti obat-obatan), dan produk kebutuhan rumah tangga.

Sementara pertanyaan yang sering diajukan yakni update tentang produk seperti detail deskripsi, ketersediaan stok, hingga detail foto produk.

"Hasil laporan ini bisa digunakan oleh para pelaku bisnis UMKM hingga perusahaan besar sebagai insight pengembangan proses penjualan agar bisa mencatatkan konversi yang lebih optimal,” ujar Regional GM of ASEAN SleekFlow, Asnawi Jufrie melalui keterangan pers, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, Pelaku Bisnis Pilih Efisiensi dengan Teknologi Chatbot

Ia menambahkan, dari laporan tersebut diketahui, karakter konsumen perempuan membutuhkan komunikasi dengan agen untuk berkonsultasi tentang produk lebih detail.

Sebagai tambahan informasi, SleekFlow adalah platform omnichannel yang membantu layanan komunikasi untuk proses bisnis perusahaan di berbagai platform.

Beberapa produk SleekFlow antara lain, meningkatkan user experience dalam melakukan percakapan dengan konsumen via WhatsApp, SMS, Facebook, Instagram, live chat di website, dan berbagai aplikasi jejaring sosial dan aplikasi instan.

Dengan layanan itu, pebisnis bisa menyederhanakan dan optimalisasi proses penjualan menjadi lebih baik.

SleekFlow juga baru meluncurkan SleekFlow AI yang menggunakan kecerdasan buatan dalam versi beta. Layanan terbaru SleekFlow ini bisa membalas chat lebih cepat dengan menggunakan rekomendasi jawaban dari artificial intelligent (AI), gaya bahasanya pun tetap efektif dan se-natural mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com