Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerry Investasi Rp 482 Miliar untuk Pabrik Perisa di Karawang

Kompas.com - 14/06/2023, 15:27 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Kerry Ingredients Indonesia menambah investasi 30 juta Euro atau sekitar Rp 482 miliar (kurs Rp 16,086.61) untuk pabrik perisa makanan di Karawang, Jawa Barat.

William Kelly General Manager Kerry Indonesia menyebut pabrik di Karawang, Jawa Barat sebagai investasi terbesar Kerry di Asia Tenggara.

"Total investasi di Karawang 30 juta Euro," kata Kelly di sela peresmian pabrik Kerry di Karawang, Rabu (14/6/2023).

Pabrik yang mereka sebut Karawang Taste Facility itu merupakan fasilitas ketiga Kerry Group di Indonesia setelah di Cikarang dan laboratorium innovasi di Jakarta.

Baca juga: Luhut Rayu Perusahaan Fiberglass China Bangun Pabrik di Indonesia

Luas fasilitas produksi 50.000 meter persegi dan dirancang untuk bisa diperluas. Sehingga dimungkinkan adanya penambahan investasi.

Pabrik tersebut terdiri atas area manufaktur, percontohan penelitian dan pengembangan, serta pengambilan sampel.

CEO Kerry Group Edmond Scanlon mengatakan, pembukaan pabrik di Karawang bukan saja memperluas jangkauan Kerry di Asia Tenggara. Melainkan juga merevolusi nutrisi berkelanjutan di Asia Tenggara.

"Melalui kerja sama dengan produsen makanan dan minuman terdepan, kami akan memanfaatkan teknologi global kami, untuk menciptakan cita rasa yang sesuai dengan preferensi spesifik konsumen Asia," kata Scanlon.

Baca juga: Glico Investasi Rp 693,3 Miliar Bangun Pabrik Pocky Terbesar di Karawang

Pabrik Kerry di Karawang International Industrial City (KIIC) diklaim memprioritaskan inisiatif-inisiatif berkelanjutan. Di antaranya adanya instalasi pengolahan air limbah di tempat. Selain itu juga menerapkan teknologi dapat mengurangi penggunaan energi dan air dengan emisi CO2 yang jauh lebih rendah.

Limbah pabrik Kerry juga tidak ada yang dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Deputi Bidang Penanaman Modal Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Nurul Ichwan mengapresiasi Kerry yang membuka pabrik baru di Karawang.

"Teknologinya luar biasa bisa mempersepsikan cita rasa otentik. Misalnya enggak makan daging, tapi tetap mendapat rasa dan aroma daging, meskipun yangg dimakan bukan daging," kata dia.

Nurul juga berharap Kerry bisa membawa cita rasa otentik Indonesia ke ranah global.

Baca juga: 10 Daerah UMR Tertinggi di Indonesia 2023, Karawang Juaranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com