Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan SYL: Korsel Komitmen Bantu Kembangkan Pertanian Modern RI

Kompas.com - 18/06/2023, 21:28 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan estafet kesepakatan G20 Bali terus dilanjutkan di negara berikutnya, India. Hal tersebut disampaikan SYL dalam pertemuan delegasi dengan jajaran pejabat pertanian Korea Selatan di India.

Menurut SYL, pertemuan ini menekankan pentingnya membangun kekuatan pertanian kedua negara terutama dalam peningkatan produktivitas melalui teknologi mekanisasi serta pembukaan kesempatan magang bagi petani milenial Indonesia.

"Hari ini saya bersama pemerintah atau Kementerian Pertanian Korea Selatan membicarakan 3 poin. Di antaranya pertanian modern atau modern farm dan kesempatan magang sebanyak-banyaknya bagi petani milenial kita," ujar Mentan SYL dalam keterangannya, Minggu (18/6/2023).

Baca juga: Penasaran Berapa Gaji Diplomat PNS di Kemenlu?

Mentan SYL mengatakan, Korea Selatan berkomitmen akan membantu penerapan teknologi bagi pertanian Indonesia, bahkan siap menerima magang bagi petani milenial Nusantara dengan jumlah sebanyak-banyaknya.

"Yang penting adalah baik Menteri dan Wakil Menteri Pertanian Korea menyanggupi untuk memberikan ruang bagi petani milenial untuk magang sebanyak-banyaknya. Dan ini adalah bagian bagian yang akan kita tandatangani letters of intens-nya antara Korea dan Indonesia," kata dia.

Selain itu, Indonesia turut mendorong Korsel untuk membuka ruang impor bagi produk dalam negeri. Diketahui, saat ini ada banyak produk pertanian Indonesia yang masuk ke Korea. Di antaranya produk perkebunan, peternakan dan juga hortikultura.

Baca juga: Ironi Indonesia, Warganya Penggila Tempe, tapi Kedelainya Impor

"Catatan yang terakhir beliau meminta rekomendasi halal bisa menjadikan note atau catatan. Insya Allah ekspor kita ke Korea bisa lebih besar lagi, sehingga para petani mendapat keuntungan yang jauh lebih besar," katanya lagi.

Mentan SYL tiba di India Jumat (17/6) waktu setempat. Kehadiran Mentan sebagai wakil Indonesia sangat penting dalam menentukan percepatan dan pengembangan pertanian di masa mendatang. Mentan tiba bersama jajaran dan disambut para pejabat India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com