Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba di Juli 2023, Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Khusus Karyawan Bandara

Kompas.com - 27/06/2023, 20:50 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, Transjakarta akan masuk ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai Juli 2023. Namun, rute ini bersifat uji coba yang diperuntukkan bagi karyawan bandara.

"Baru uji coba Juli. Fokusnya ke karyawan bandara," ujar Kepala Subdirektorat Pendanaan dan Pengawasan Angkutan BPTJ Ghoefron Koerniawan di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Rute yang akan dibuka saat uji coba yakni dari Halte Transjakarta Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Menurutnya, Transjakarta tidak hanya berhenti di terminal bandara, melainkan juga di titik-titik perkantoran. Oleh sebab itu, uji coba ini difokuskan untuk karyawan bandara.

Baca juga: Kata Bos DAMRI soal Bus Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta

"Jadi ini rutenya perkantoran, enggak selalu masuk terminal," imbuh dia.

Ghoefron bilang, uji coba ini setidaknya akan dilakukan selama 2-3 bulan. Nantinya akan dilakukan evaluasi terlebih dahulu untuk mempertimbangkan keberlanjutan rute ke Bandara Soekarno-Hatta.

Seperti, terkait penambahan titik keberangkatan maupun penambahan jumlah armada.

"Jadi melihat demand (permintaan) itu enggak bisa seminggu-dua minggu. Kalau angkutan ya, bisa 2-3 bulan. Nanti kita lihat perkembangannya," kata Ghoefron.

Sementara terkait tarif, dia belum bisa memastikan kemungkinan rute ini akan berbayar atau gratis. Menurutnya, kebijakan tarif dikembalikan lagi kepada pihak pengelola Transjakarta.

"Nah itu nanti apakah Transjakarta mau menggratiskan, itu kebijakan pengelola, karena anggaran negara ada pertanggungjawabannya," ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaludin mengatakan, pihaknya telah menyurati pihak BPTJ, serta berkoordinasi dengan pihak Transjakarta dan Dishub Provinsi DKI Jakarta terkait usulan membuka rute ke Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta Hanya untuk Pekerja Bandara? Ini Kata AP II

"Semua responsnya positif. Kami juga sudah melakukan analisa dan simulasi, tinggal finalnya menunggu keputusan penetapan Kepala BPTJ," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jumat (23/6/2023).

Namun menurut Awaludin, TransJakarta tersebut tidak hanya melayani karyawan bandara, melainkan masyarakat umum yang hendak ke bandara. Terkait pengenaan tarif, ia berharap bisa disamakan dengan tarif Transjakarta yang berlaku saat ini.

Selain itu, rute TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi pada jam tertentu, yakni pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB.

Targetnya, di setiap periode operasi itu, diperkirakan ada 2.000 penumpang yang diangkut, baik pekerja di Bandara Soekarno-Hatta maupun masyarakat umum.

"Kalau nanti responsnya positif dan bagus, kami serahkan kepada Transjakarta untuk memilih moda yang seperti apa, karena kan keragaman jenis kendaraan pengangkutnya. Jam operasi dan headway juga pasti nanti dihitung ulang," ungkap Awaludin.

Baca juga: Bus Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Segera Lakukan Simulasi Operasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com