Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pertamax Green 95 Dibanderol Rp 13.200 Per Liter, Ini Pertimbangannya

Kompas.com - 04/07/2023, 17:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akan menjual produk bahan bakar minyak (BBM) baru bernama Pertamax Green 95. Rencananya, produk BBM ini akan dijual sekitar Rp 13.200 per liter.

Perkiraan harga Pertamax Green 95 tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, penetapan harga jual Pertamax Green 95 dilakukan dengan mempertimbangkan campuran dari bahan bakar tersebut.

Produk ini merupakan hasil percampuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5). Bioetanol adalah etanol atau senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan, dan dalam hal ini Pertamina menggunakan tebu.

Baca juga: Wamen BUMN: BBM Pertamax Green 95 Dibanderol Sekitar Rp 13.200 Per Liter

"Pertimbangannya (harga Pertamax Green 95) dari harga Pertamax dan harga 5 persen etanol, dan juga pemrosesan," ujar Fadjar kepada Kompas.com, Selasa (4/7/2023).

Ia mengungkapkan, produk Pertamax Green 95 pada tahap awal akan dijual di Surabaya, Jawa Timur dan memungkinkan untuk diperluas pemasarannya ke Jakarta.

Fadjar bilang, dalam penetapan harga dan wilayah pemasaran, perusahaan mempertimbangkan pasar yang disasar. Menurutnya, Pertamax Green 95 merupakan BBM non-subsidi yang memang menyasar pasar kelas menengah.

"Kita harapkan bisa untuk pasar kelas menengah," imbuh dia.

Baca juga: BBM Baru Pertamina Pertamax Green 95 Dijual Mulai Juli 2023

Pertamina pun meyakini harga Pertamax Green 95 yang akan berkisar Rp 13.200 per liter, bakal mampu bersaing dengan pasar bahan bakar kelas RON 95.

“Harga pastinya kompetitif di kelasnya. Inilah bentuk komitmen Pertamina berupaya menyediakan BBM yang terjangkau bagi masyarakat,” kata Fadjar.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury mengatakan, nantinya uji coba pasar akan dilakukan di Jawa Timur dan Jakarta. Ia bilang, nantinya akan ada 17 titik SPBU mencakup 11 titik di Jawa Timur dan 6 titik di Jakarta.

"(Pertamax Green 95 dijual) di harga Rp 13.200 per liter, di kisaran segitu. Kemungkinan ada 17 titik SPBU yang akan menjual Green Pertamax 95," ujarnya ditemui di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Produk Orthoxylene Pertamina Sasar Pasar Industri Petrokimia Domestik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com