Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Kereta Cepat Sampai Surabaya, Kira-kira Habis Berapa Triliun?

Kompas.com - 08/07/2023, 18:12 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan China beberapa waktu lalu telah menyepakati besaran pembengkakan biaya atau cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Setelah dilakukan audit menyeluruh, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung mengalami pembengkakan biaya sebesar Rp 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 18,02 triliun.

Angka tersebut merupakan hasil audit dari setiap negara yang kemudian disepakati bersama. Dengan demikian, biaya total proyek yang berlangsung sejak 2016 itu kini mencapai 7,27 miliar dollar AS atau setara Rp 110,22 triliun (kurs Rp 15.100).

Nilai setelah pembengkakan ini sejatinya bahkan sudah jauh melampaui investasi dari proposal Jepang melalui JICA yang memberikan tawararan proyek KCJB sebesar 6,2 miliar dollar AS dengan bunga 0,1 persen.

Baca juga: Penumpang Kereta Cepat Tujuan Bandung Dioper di Padalarang

Untuk menutup biaya yang kelewat besar tersebut, akhirnya pemerintah menyuntik proyek tersebut dengan duit APBN. Namun jumlah kekurangannya masih terlalu besar, sehingga pemerintah menegosiasikan tambahan utang baru ke China.

Berlanjut ke Surabaya

Untuk diketahui, total panjang lintasan Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah 142 kilometer, menghubungkan kawasan Halim di Jakarta Timur dengan Tegalluar yang masuk ke wilayah Kabupaten Bandung.

Dengan asumsi panjang 142 kilometer dan keseluruhan biaya investasi Rp 110,22 triliun tersebut, artinya untuk setiap 1 kilometer proyek KCJB membutuhkan investasi Rp 776,19 miliar.

Baca juga: Ironi Kereta Cepat: Ngotot Diklaim B to B, Tapi Pakai Duit APBN

Pemerintah sendiri berencana melanjutkan proyek kereta cepat dari Bandung bisa sampai ke Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia.

Rutenya dimulai dari Bandung ke Surabaya nantinya direncanakan melalui Yogyakarta. Dengan demikian jalurnya melintasi selatan Jawa, kontur yang akan dilewati tidak akan jauh berbeda dengan rute Jakarta-Bandung yang didominasi pegunungan.

Sebagai ilustrasi, apabila melewati daerah sepanjang jalur selatan Jawa, jarak Tegalluar Bandung-Tasikmalaya adalah 108 kilometer, Tasikmalaya-Yogyakarta 297 kilometer, dan terakhir Yogyakarta-Surabaya berjarak 325 kilometer.

Sehingga apabila ditotal, jarak Tegalluar Bandung ke Kota Surabaya melalui jalur Selatan adalah 730 kilometer.

Baca juga: Tiket Kereta Cepat Gratis 3 Bulan, Berapa Tarif Aslinya?

Jika dengan asumsi biaya kereta Cepat Jakarta Bandung per kilometernya adalah Rp 776 miliar per kilometer, maka untuk jarak Bandung-Surabaya, biaya investasinya diperkirakan Rp 566,48 triliun.

Namun biaya tersebut baru hitungan estimasi kotor dari biaya yang dikeluarkan dari proyek KCJB yang meliputi investasi lintasan rel dan rangkaian Electric Multiple Unit (EMU).

Selain itu, biaya investasi yang diperlukan untuk membangun kereta cepat dari Bandung menuju Surabaya bisa lebih ditekan lebih rendah karena kontraktor Indonesia dan China sudah lebih berpengalaman dalam membangun rute sebelumnya.

Beberapa aspek lain yang mempengaruhi besarnya investasi di rencana proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung berlanjut ke Surabaya adalah pembebasan lahan, pemindahan utilitas, hingga pita sinyal frekuensi GSM.

Baca juga: Bersaing dengan Kereta Cepat, Kemenhub Bahas Nasib KA Argo Parahyangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com