Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Catat Kinerja Positif, Bank Mandiri Sabet Gelar "Best Bank in Indonesia" di Euromoney Award

Kompas.com - 25/07/2023, 20:39 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com - Bank Mandiri kembali menorehkan prestasi gemilang dan menegaskan kompetensinya dalam menghadirkan layanan finansial menyeluruh lewat serangkaian strategi dan inovasi tanpa henti.

Hal tersebut tercermin dalam pencapaian kinerja perseroan dalam lima bulan pertama di tahun 2023 yang kian positif.

Merujuk pada laporan keuangan bank only, per Mei 2023 Bank Mandiri berhasil mencatatkan penyaluran kredit sebesar Rp 964,45 triliun, tumbuh 10,36 persen secara year on year (YoY). Pertumbuhan ini, melampaui laju kredit industri perbankan dikisaran 9,39 persen YoY per Mei 2023.

Bila dirinci, penyaluran kredit Bank Mandiri sebagian besar didominasi oleh segmen wholesale banking, dengan pertumbuhan mencapai 9,4 persen. Hal ini sejalan dengan fokus Bank Mandiri untuk mengoptimalkan bisnis wholesale sebagai roda penggerak bisnis perseroan.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menuturkan, pencapaian kinerja ini tentunya tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat yang terus meningkat terhadap sektor finansial dan membaiknya tren pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Baca juga: Bank Mandiri Puncaki Pangsa Pasar Sindikasi Indonesia

Tidak hanya dari sisi kredit, Bank Mandiri dalam beberapa tahun terakhir juga semakin serius mempercepat transformasi digital.

Darmawan menyakini, selain menghadirkan solusi finansial andal bagi nasabah, transformasi digital juga mampu mendukung peningkatan inklusi keuangan di Tanah Air dan meningkatkan akseptasi layanan digital Bank Mandiri di masyarakat.

“Perekonomian Indonesia memiliki peluang yang besar untuk terus tumbuh. Untuk itu, Bank Mandiri berupaya untuk terus hadir memenuhi kebutuhan masyarakat dan nasabah melalui peningkatan dari sisi layanan dan inovasi, digital,” ujar Darmawan yang hadir dalam ajang Euromoney Award for Excellence 2023 di Hong Kong pada Selasa (25/7/2023).

Lewat kinerja, pencapaian, dan transformasi digital yang dilakukan, Bank Mandiri pun menuai pengakuan di Euromoney Award for Excellence 2023.

Bank berkode saham BMRI ini berhasil menyabet gelar Best Bank in Indonesia. Penghargaan Euromoney ini diperoleh Bank Mandiri berdasarkan penilaian kinerja dan survei yang dilakukan selama satu tahun terakhir.

Baca juga: Perkuat Layanan Digital, Bank Mandiri Tambah Fitur dan Perluas Jaringan Livin

Darmawan mengatakan bahwa pencapaian itu tak lepas dari penentuan strategi bisnis Bank Mandiri. Strategi yang dimaksud adalah menerapkan konsep consumer oriented yang selalu berusaha mengikuti kebutuhan nasabah termasuk perkembangan tren serta teknologi.

"Kami sangat mengapresiasi penghargaan ini dan tentunya hal ini pemantik semangat bagi Bank Mandiri untuk terus mempertahankan kinerja dan layanan yang terbaik bagi masyarakat dan perekonomian di Tanah Air,” tutur Darmawan dalam siaran persnya, Selasa.

Darmawan menambahkan, penghargaan ini sekaligus menjadi esensi kerja keras dan konsistensi seluruh karyawan Bank Mandiri atau Mandirian dalam komitmennya menyediakan layanan serta produk terbaik bagi nasabah dan masyarakat.

“Penghargaan ini juga menjadi pengakuan dan kepercayaan dari stakeholder kami bahwa Bank Mandiri menghadirkan solusi keuangan terlengkap dan terbaik di Indonesia,” imbuhnya.

Untuk itu, Bank Mandiri optimis pertumbuhan kinerja perseroan akan terus membaik dan sejalan dengan rencana bisnis perseroan ke depan.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Bank Mandiri Terbitkan Kartu Debit dan E-Money Plastik Daur Ulang Ramah Lingkungan

 

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com