Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Telah Rampungkan 87 Proyek Strategis Nasional

Kompas.com - 26/07/2023, 22:41 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan telah menyelesaikan 87 Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga Juli 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jumlah tersebut merupakan 70 persen dari keseluruhan target yang telah ditetapkan.

Kementerian PUPR sendiri mengemban tugas untuk menyelesaikan 125 PSN di seluruh Indonesia. PSN tersebut terdiri dari 51 jalan tol dan jembatan, 56 bendungan dan irigasi, 13 proyek air minum dan sanitasi, 2 perumahan, tanggul laut pesisir Jakarta, Kawasan Industri Terpadu Batang, dan Universitas Islam Internasional Indonesia.

Baca juga: Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Dihapus dari PSN, Kemenhub Tunggu Keputusan

“Pada akhir tahun 2023, kami menargetkan penyelesaian pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang dan 24 proyek PSN lainnya,” ujar dia dalam acara Main Event Sewindu Proyek Strategis Nasional, Rabu (26/7/2023).

Basuki mengatakan, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan 36 bendungan dengan kapasitas 1,9 juta meter kubik.

Dia menjabarkan, Indonesia memiliki 7,3 juta hektar lahan irigasi. Namun, sampai 2014 hanya 11 persen atau sekitar 900.000 hektare yang akhirnya disuplai oleh bendungan.

"Kami akan meningkatkan luas daerah irigasi menjadi 19 persen, lebih dari 1,4 juta hektar. Artinya bisa meningkatkan intensitas pertanaman dari 1-1,5 menjadi 2,5 kali per tahun," terang dia.

Di bidang Bina Marga, Basuki bilang, pihaknya telah menyelesaikan pembangunan PSN jalan tol sepanjang 1.500 km dari 27 proyek jalan tol melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) seperti misalnya Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan 7 proyek di sektor perumahan.

Lebih lanjut, Basuki menerangkan telah melakukan skema Kerja sama perusahaan badan Usaha (KPBU) pada sektor penyediaan air minum di SPAM Regional Umbulan, SPAM Regional Semarang Barat dan SPAM Regional Banjarbakula.

Baca juga: KPPIP Sebut Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Keluar dari PSN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com