Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepemimpinan Jokowi Segera Berakhir, Bagaimana Nasib Puluhan Proyek Strategis Nasional yang Belum Dimulai?

Kompas.com - 14/07/2023, 11:36 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyebutkan, terdapat 58 proyek strategis nasional (PSN) yang belum dimulai pembangunannya hingga saat ini. Padahal, era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berakhir tahun depan.

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan, pihaknya akan membahas nasib proyek strategis yang belum dibangun pada pekan depan. Meskipun demikian, pada prinsipnya pemerintah masih berupaya untuk memulai pembangunan seluruh proyek yang tergabung dalam PSN.

"Masih terus didorong (pembangunannya) ini semua," ujar dia, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: BPKP Sebut 58 PSN Belum Dimulai, Ketua KPPIP: Ada Perbedaan Persepsi

Ia menyadari, kepemimpinan Jokowi akan segera berakhir. Oleh karenanya, progres pembangunan PSN akan dipercepat, khususnya terkait pengadaan, perizinan tanah, dan pembiayaan. Apabila ketiga aspek itu sudah dijalankan, Wahyu meyakini, pembangunan PSN akan berlanjut pada pemerintahan selanjutnya.

"Karena dengan tanah beres itu, diharapkan tidak ada proyek yang mangkrak," katanya.

Lebih lanjut ia mencontohkan sejumlah proyek yang belum dimulai pembangunannya ialah, MRT East-West Line, Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya, Pelabuhan Ambon, hingga sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatra.

Apabila sejumlah PSN memang dinilai tidak bisa terealisasikan, pemerintah akan menyerahkan keputusan kelanjutan proyek itu ke Jokowi. Wahyu tidak menutup kemungkinan proyek tersebut akan dicopot statusnya sebagai PSN.

"Kita lihat saja bapak presiden melihatnya seperti apa," ucapnya.

Sebagai informasi, sampai dengan 11 Juli 2023, KPPIP mencatat sudah terdapat 158 PSN yang rampung pembangunannya. Hingga pengujung tahun ini, ditargetkan 25 PSN juga rampung. Sementara untuk tahun depan, KPPIP menargetkan sekitar 30-31 PSN dapat diselesaikan pembangunannya.

Baca juga: Pemerintah Kejar Target 25 PSN Rampung hingga Akhir 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com