Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KMT Edisi Khusus HUT Ke-78 RI Bisa Dibeli di Stasiun KRL

Kompas.com - 18/08/2023, 21:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter Indonesia (KCI) merilis Kartu Multi Trip (KMT) edisi khusus HUT ke-78 Republik Indonesia (RI). Ada dua desain KMT dengan warna dasar merah-putih yang ditawarkan KCI.

Corporate Secretary Vice President KAI Commuter Anne Purba mengatakan, masyarakat bisa membeli KMT yang berlogo resmi HUT ke-78 RI itu di seluruh stasiun Commuter Line di wilayah Jabodetabek.

"Harganya Rp 40.000 dengan saldo terisi Rp 10.000. Jumlahnya terbatas bisa 1.000-2.000 untuk sekali cetak," ujarnya dalam peluncuran KMT edisi khusus HUT ke-78 RI di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Baca juga: Update Access by KAI, Pengguna Bisa Pesan Tiket Kereta, KRL, hingga LRT Jabodebek

Menurutnya, KMT edisi khusus ini dirilis untuk meningkatkan minat masyarakat naik transportasi publik dengan kemudahan melakukan transaksi secara non-tunai. Pengguna KRL tidak perlu lagi mengantre di loket ketika akan bepergian.

"Ini upaya kita dalam mengkampanyekan transportasi publik," ucap Anne.

Selain digunakan untuk transaksi naik KRL, para pengguna KRL juga bisa mendapatkan promo menarik jika membeli produk C-Corner dengan KMR. Serta bisa mendapatkan layanan customer loyalty program.

Baca juga: Cegah Tindak Kriminal dan Asusila di KRL, KAI Commuter Optimalkan Inovasi Keamanan Pengguna

Adapun KMT merupakan uang elektronik dengan sistem saldo yang diterbitkan oleh KCI untuk memudahkan pembayaran tiket KRL.

Selain itu, KMT juga sudah dapat digunakan untuk pembayaran parkir di stasiun-stasiun KRL.

Bahkan, KMT kini sudah bisa digunakan untuk transportasi lain seperti MRT, TransJakarta, LRT, TransYogya, TransJateng. Serta dalam waktu dekat akan dapat digunakan di TransJatim.

KCI mencatat tren penggunaan KMT terus meningkat, bahkan mendominasi transaksi pembelian tiket KRL. Sejak awal tahun hingga akhir Juli 2023, jumlah transaksi KMT sebesar 94,07 juta transaksi atau 58 persen dari total transaksi pembelian tiket KRL.

Baca juga: Truk Tabrak Tiang Listrik, 13 Perjalanan KRL Jabodebek Terganggu dan 8 Perjalanan Dibatalkan

Khusus pada bulan Juli 2023, transaksi KMT mencapai 14,46 juta atau 57 persen dari seluruh transaksi pembayaran tiket KRL di bulan itu. Transaksi menggunakan KTM rata-rata meningkat 2 persen tiap bulannya.

"Dengan rata-rata pertumbuhan pengguna KMT sebesar 2 persen per bulan nya, tentu saja KMT menjadi pilihan utama dalam transaksi pembelian tiket Commuter Line," tutup Anne.

Baca juga: Hubungkan Akses MRT, LRT, dan KRL, JPM Dukuh Atas Ditarget Rampung 31 Juli 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com