Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Orang Introvert Masih Bisa Jadi Pemimpin, Kok!

Kompas.com - 26/08/2023, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Istilah introversi yang dipopulerkan Carl Jung kerap mendapat kesalahpahaman dari masyarakat. Orang dengan kepribadian introvert kerap dianggap sebagai seorang penyendiri dan tak cocok menjadi pemimpin.

Dilansir dari Very Well Mind, introvert adalah salah satu gaya kepribadian yang ditandai dengan kecenderungan seseorang dalam fokus pada pikiran, perasaan, dan suasana hati internal daripada mencari rangsangan eksternal.

Begitu pula yang dikatakan Helman Taofani, Commercial Development Manager Harian Kompas, dalam siniar Obsesif bertajuk “Pemimpin Enggak Harus Ekstrovert, Kok!”, yang dapat diakses melalui tautan dik.si/ObsesifHelman.

Di balik kepribadian yang cenderung lebih pendiam, ternyata seseorang dengan gaya kepribadian introvert memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Pasalnya, seorang introvert memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

Selain itu, mereka juga lebih banyak memikirkan hal-hal dalam pikiran mereka sendiri. Hal ini akan memunculkan kesadaran dan pemahaman tentang diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Keunggulan Introvert

Dilansir dari Kompas.id, introversi sering disalahartikan sebagai pemalu karena keduanya dicirikan oleh interaksi sosial yang terbatas, tetapi kemiripannya hanya berhenti sampai sini saja.

Mereka yang pemalu biasanya ingin terlibat dengan orang lain, tetapi takut untuk melakukannya, dia juga sangat sadar diri dan mudah dihambat oleh orang lain.

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Di sisi lain, banyak orang dengan kepribadian introvert yang mudah bersosialisasi, tetapi lebih suka melakukannya dalam kelompok kecil. Penelitian menunjukkan bahwa introvert unggul dalam tugas yang membutuhkan ketelitian.

Peneliti juga menunjukkan bahwa kepribadian ini berharga untuk kreativitas, karena kreativitas membutuhkan proses introspeksi yang didedikasikan dengan menghabiskan waktu sendirian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com