Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyperlocal Tokopedia Dongkrak Pertumbuhan Transaksi 2,5 Kali Lipat di Yogyakarta

Kompas.com - 31/08/2023, 12:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Inisatif Hyperlocal Tokopedia melalui penerapan teknologi geo taging mendorong peningkatkan penjualan hingga 2,5 kali lipat pada beberapa segmen produk online di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Melalui inisatif Hyperlocal Tokopedia, ada beberapa produk online UMKM yang meningkat penjualannya. Misalnya daging kambing, hampers makanan, beras hitam, cabai dan juga kopi literan.

“Sepanjang semester I-2023 dibandingkan semester II-2022, dengan rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 2,5 kali lipat,” kata Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega di Yogyakarta, Rabu (30/8/2023).

“Di DIY, daging kambing, hampers makanan (kue kering, cokelat), beras hitam, cabai hijau dan kopi literan menjadi beberapa produk makanan dan minuman yang paling banyak dibeli melalui Tokopedia,” tambah dia.

Baca juga: Cari Ide Jualan Online? Cek Kategori Produk Favorit di Tokopedia

Antonia mengungkapkan, berdasarkan Data internal Tokopedia, Hyperlocal Tokopedia pun berdampak positif terhadap tren belanja online masyarakat Indonesia.

Secara keseluruhan, kebutuhan sehari-hari atau groceries (seperti makanan dan minuman serta kecantikan dan perawatan diri), rumah tangga, fesyen, elektronik, olahraga dan hobi menjadi beberapa kategori produk paling laris selama setahun ke belakang.

“Pada kategori produk makanan dan minuman di Tokopedia, hampers makanan (kue kering, cokelat, buah), wortel dan beras ketan menjadi beberapa produk paling laris, sepanjang semester I-2023 dibandingkan semester II-2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat,” lanjut dia.

Baca juga: Cara Live di Tokopedia Play untuk Penjual Pemula

Khusus di DIY, beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama setahun ke belakang, antara lain olahraga dan hobi, fesyen, serta kebutuhan sehari-hari atau groceries (termasuk makanan dan minuman serta perawatan diri).

Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi termasuk Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Dilayani Tokopedia. Selain melalui KTP dan Dilayani Tokopedia, masyarakat juga bisa mengakses produk makanan dan minuman dengan lebih mudah dan terjangkau dari berbagai pelaku usaha di Indonesia lewat kampanye Tokopedia NYAM! yang juga dengan berbagai penawaran menarik.

“Untuk mengakomodasi pelaku usaha, inisiatif Hyperlokal Tokopedia akan mengakomodasi kebutuhan pembeli untuk mendapatkan lebih banyak pilihan kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien. Dampaknya produk online akan menjadi lebih laris,” tegas dia.

Baca juga: Manajemen Pastikan Tokopedia Tak Punya Penjual yang Berada di Luar Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com