Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Uji Coba Kereta Cepat, Menhub: Antusiasme Masyarakat Luar Biasa

Kompas.com - 19/09/2023, 16:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba operasional terbatas kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah dimulai sejak Jumat (15/9/2023) untuk masyarakat sekitar proyek KCJB dan Senin (18/9/2023) untuk masyarakat umum.

Kegiatan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung tidak berbayar ini akan berlangsung hingga 30 September 2023 dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, antusiasme masyarakat kepada kereta cepat sangat besar lantaran kuota pendaftaran yang dibuka Minggu (17/9/2023) langsung ludes dipesan.

Baca juga: 4.200 Orang Ikuti Uji Coba Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tahap Pertama

Hal ini diungkapkan Menhub saat mengikuti uji coba bersama masyarakat dari berbagai kalangan seperti akademisi, wiraswasta, hingga seniman pada hari ini, Selasa (19/9/2023).

"Antusiasme masyarakat untuk mengikuti uji coba kereta cepat luar biasa. Baru dibuka pendaftaran langsung habis kuotanya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, Menhub mengajak masyarakat yang ikut uji coba untuk mengutamakan penggunaan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi.

"Bapak Presiden Jokowi menjadi inisiator dari berbagai pembangunan infrastruktur transportasi publik. Mulai dari MRT yang sebelumnya tidak ada menjadi ada. Setelah itu LRT, dan sekarang kereta cepat. Ini adalah budaya baru dari Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Ini Link Pendaftaran Uji Coba Kereta Cepat Tahap 2, Dibuka 24 September 2023

 


Sebagai informasi, selama masa uji coba terbatas kereta cepat Jakarta-Bandung, setiap harinya PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku operator menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat 8 perjalanan kereta api yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba.

Masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung dapat melakukan pendaftaran melalui situs http://ayonaik.kcic.co.id/

Pendaftaran tahap 1 dibuka mulai Minggu 17 September 2023 untuk jadwal keberangkatan 18-24 September 2023. Sedangkan pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan 25-30 September 2023.

Baca juga: Serba-serbi Uji Coba Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com