Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nantikan Laporan Kinerja Perusahaan Teknologi, Wall Street Variatif

Kompas.com - 24/10/2023, 06:06 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS atau Wall Street berakhir variatif pada penutupan perdagangan Senin (23/10/2023) waktu setempat. Indeks Nasdaq Komposit menghentikan penurunan selama empat hari ditopang penurunan imbal hasil Treasury AS tenor 10 tahun dan penantian rilis kinerja keuangan kuartal III-2023 perusahaan-perusahaan teknologi.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) berakhir di zona merah dengan penurunan 190,87 poin, atau 0,58 persen, menjadi 32.936,41, sedangkan S&P 500 melemah 0,17 persen menjadi 4.217,04. Sementara itu, Nasdaq Komposit menguat 0,27 persen dan ditutup pada posisi 13.018,33.

Sebelumnya, suku bunga yang melonjak dalam beberapa minggu terakhir, dan kenaikan imbal hasil (yield) Treasury 10 tahun yang menembus di atas 5 persen pada hari Kamis menandai kejadian pertama kalinya sejak bulan Juli 2007. Kini, imbal hasil obligasi Treasury AS tenor 10 tahun mengalami penurunan menjadi 4,85 persen.

Baca juga: Bankir-bankir Terkaya RI, Pupuk Kekayaan dari Investasi Saham

Komentar dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Kamis juga menunjukkan kebijakan moneter yang lebih ketat berpotensi terjadi. Kepala strategi pasar Canaccord Genuity Tony Dwyere menilai, berapa hal ini dinilai menjadi kekhawatiran di pasar dan, imbal hasil acuan masih berpotensi untuk naik lagi.

“Kenaikan imbal hasil yang cepat seharusnya mempercepat gambaran ekonomi yang sudah melemah yang ditutupi oleh kenaikan suku bunga,” kata Dwyer mengutip CNBC.

Dalam sepekan, Wall Street mengalami tekanan. S&P 500 mengakhiri pekan dengan penurunan 2,4 peren, dan merupakan penurunan minggu pertama dalam tiga pekan terakhir. Sementara itu, Dow Jones merosot 1,6 persen dalam seminggu terakhir, sedangkan Nasdaq ambles 3,2 persen, dan mencatat penurunan pekan kedua berturut-turut.

Saham raksasa minyak Chevron ambles 3,7 persen menyusul berita bahwa perusahaan akan melakukan akuisisi perusahaan minyak Hess. Sementara itu, saham raksasa farmasi Walgreens naik 3 persen setelah perkiraan peningkatan kinerja dari JPMorgan. Selanjutnya, saham perusahaan penyedia jasa cloud, Okta ambles 8 persen.

Musim laporan keuangan masih berlanjut pekan ini, dengan sejumlah raksasa teknologi besar dijadwalkan akan melaporkan laporan keuangan mereka. Investor mengantisipasi hasil kuartal III-2023 dari Alphabet, Amazon, Meta, dan Microsoft

Baca juga: Ramai Aksi Jual Saham, Bos GOTO: Keputusan Pribadi, Tak Cerminkan Kehilangan Kepercayaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com