Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Biaya Rp 1,1 Triliun, BSI Tower Bakal Jadi "Islamic Financial Center"

Kompas.com - 09/11/2023, 15:46 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan ground breaking yang menandakan dimulainya pembangunan BSI Tower pada Kamis (9/11/2023).

Nilai investasi pembangunan gedung milik PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) ini sebesar Rp 1,1 triliun. Lokasi pembangunan BSI Tower sendiri berada di Jalan Medan Merdeka Selatan dan merupakan eks gedung Wisma Antara.

"BSI ini kan hasil merger tiga bank, kantornya terpisah-pisah. Nah itulah kami konsolidasi," ujar Erick dalam acara ground breaking.

Baca juga: Genjot Penyaluran KPR, BSI Bidik Anak Muda di Daerah Sub Urban

Ia menuturkan, pembangunan aset BUMN yang berada tepat di seberang Monumen Nasional (Monas) merupakan langkah yang tepat.

Hal ini mengingat kawasan Monas akan dikembangkan menjadi kawasan hijau dan menjadi salah satu pusat perekonomian Jakarta, setelah ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur.

BSI Tower pun bakal menjadi twin tower atau gedung kembar yang bersanding dengan Menara Danareksa yang berada di seberangnya. Dengan demikian, kawasan tersebut akan menjadi pusat keuangan atau financial center.

Baca juga: Tips Investasi dari Erick Thohir untuk Anak Muda

"Jadi untuk berinvestasi di sini, saya rasa BUMN tak salah, apalagi ini aset yang luar biasa dan ini akan menjadi salah satu financial center. Kita awali dengan membangun dua gedung kembar," kata dia.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menambahkan, pembangunan BSI Tower dilakukan dengan konsep gedung ramah lingkungan atau green building. Gedung ini bakal memiliki 22 lantai dengan luas 52.804 meter persegi.

Pembangunan BSI Tower juga diarahkan sebagai Islamic Financial Center, sehingga gedung ini didesain dengan model Timur Tengah modern. Adapun BSI Tower dibangun oleh PT PP (Persero) Tbk.

Baca juga: Gabung TKN Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Mundur dari Komisaris BSI

"BSI Tower akan dilengkapi dengan connecting bridge atau jembatan penghubung yang menyambungkan BSI Tower dengan Menara Danareksa, dan akan menjadi satu kesatuan kawasan kantor Kementerian BUMN," jelasnya.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, BSI Tower dibangun dengan skema build operate transfer (BOT) antara BSI dan PTPP. Sejalan dengan konsep gedung ramah lingkungan, BSI Tower akan dilengkapi dengan panel surya.

"Proyek ini InsyaAllah selesai dalam waktu 18 bulan dengan menggunakan metodologi konstruksi untuk mengurangi kebisingan," tutupnya.

Baca juga: Tunggu Giliran Jenguk Luhut, Erick Thohir: Kondisi Beliau Baik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com