Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Investasi dari Erick Thohir untuk Anak Muda

Kompas.com - 30/10/2023, 09:06 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan beberapa tips investasi untuk anak muda sebagai upaya mencapai kemapanan finansial di masa depan.

Menurutnya, meskipun tren investasi di Indonesia mengalami penurunan akibat pelemahan rupiah dan suku bunga, secara keseluruhan, tren investasi di Indonesia masih cukup baik.

Erick menyarankan agar anak muda tidak hanya mengincar investasi dengan tingkat pengembalian yang tinggi, tetapi juga mempertimbangkan stabilisasi investasi tersebut.

Baca juga: Erick Thohir Sarankan Atlet Timnas Berinvestasi untuk Masa Depan

“Kalau kita lihat pertumbuhan bursa di indonesia dibandingkan negara lain di Asia, kita salah satu lebih tinggi. Tips investasi penting, saya saran jangan melihat investasi yang hanya high return,” kata Erick di Main Hall Bursa Efek Indonesia Jakarta, Jumat (27/10/2023).

“Tapi bagaimana kalian stabilisasi daripada pengembalian investasinya itu. Mungkin 7-8 persen tapi jangka 20 tahun, dibandingkan 6 bulan 25 persen lalu kalian terbakar, atau saham gorengan,” tambah dia.

Selain itu, Erick juga menyarankan anak muda untuk melakukan diversifikasi dalam portofolio investasi mereka. Diversifikasi dapat dilakukan dengan membagi investasi ke berbagai instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, reksa dana, dan properti.

Dengan diversifikasi, risiko dapat dikurangi dan potensi pengembalian portofolio menjadi lebih baik.

Baca juga: Tips Terhindar dari Tawaran Investasi Bodong

Erick juga mengingatkan agar anak muda tidak terjebak dalam investasi spekulatif atau berisiko tinggi. Saat mengambil keputusan investasi, perlu melakukan riset dan analisis yang mendalam agar tidak terjebak dalam investasi yang berpotensi membawa kerugian besar.

“Harus di-balance investasi yang high risk dan low risk. Saya berharap dengan program “Aku Investor Saham” terus membuka wawasan generasi muda yang ingin menjadi orang kaya baru, orang sukse baru, dan juga bagi para atlet, kalian harus kaya karena bonus kalian gede-gede,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com