Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Berganti Karier di Umur 40-an? Simak 6 Tips Berikut

Kompas.com - 10/11/2023, 18:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber jobstreet

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat perubahan besar dalam hal apa pun selalu menakutkan pada awalnya. Baik dalam hal mencoba hobi baru atau mencari pekerjaan baru di industri yang berbeda untuk pergantian karier.

Kata “berubah” mempunyai arti melangkah dalam sesuatu yang asing, dan bersamaan dengan hal ini muncul ketidakpastian dan tantangan dalam transisi pada lingkungan yang baru atau pendekatan yang baru.

Perubahan cenderung menjadi lebih berat ketika kita menjadi semakin tua, karena kita cenderung lebih nyaman dengan cara kita dan kurang fleksibel terhadap keadaan-keadaan baru.

Baca juga: 6 Cara Membuat Profil LinkedIn yang Menarik untuk Menunjang Karier

Akan tetapi, Anda bisa mengambil langkah-langkah tertentu untuk meminimalisir dan mengatur resiko yang ada jika Anda memutuskan untuk mengubah karier Anda di masa mendatang.

Mengutip dari laman resmi JobStreet, Jumat (10/11/2023), berikut adalah 6 tips untuk membantu Anda menjalani proses pergantian karir di umur 40 lebih dengan lebih baik.

1. Ketahui “kenapa”

Wajib bagi Anda untuk dengan jelas mengetahui alasan mengapa Anda mengubah jalan karir Anda di titik kehidupan Anda ini. Seorang pemilik perusahaan pasti akan menanyakan tujuan Anda berganti karir selama wawancara, karena hal ini bukanlah hal yang biasanya dilakukan sebagian besar orang di kelompok usia ini.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memikirkan lebih jauh tentang motivasi utama Anda di balik keputusan mengejar jalan karir yang baru ini. Mengetahui apa yang mengendalikan ambisi karier Anda akan menambah meningkatkan kepercayaan diri dan rasa mantap dalam menetapkan tujuan. Hal itu akan membantu Anda membuat kesan yang baik dalam wawancara ketika saatnya tiba nanti.

Baca juga: 5 Etika Kerja yang Wajib Dimiliki untuk Tingkatkan Karier

2. Siapkan dana cadangan

Berganti jalan karir mungkin melibatkan adanya penurunan gaji atau paket keuntungan yang menurun dalam jangka pendek. Memang tidak pasti begitu, akan tetapi hal ini mungkin saja terjadi.

Untuk berjaga-jaga menghadapi adanya kemunduran finansial, hal terbaik adalah dengan menyiapkan dana cadangan sebagai jaminan Anda untuk setidaknya enam bulan pertama. Hal ini memastikan bahwa Anda dapat mengejar karir baru Anda tanpa adanya stres tambahan dalam hal finansial.

3. Mintalah bantuan

Jangan takut untuk meminta bantuan ketika Anda membutuhkannya. Inilah saatnya untuk menggunakan jaringan profesional dan sosial Anda dan memberitahukan bahwa Anda sedang melakukan pergantian karir.

Mintalah rekomendasi personal untuk pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan kriteria Anda, dan konsultasilah dengan rekan Anda jika mereka berpengalaman dalam bidang yang akan Anda masuki.

Jika tidak mau bertanya, Anda akan tersesat di tengah jalan. Anda akan terkejut mengetahui seberapa besar lingkaran sosial dan profesional menjadi meluas.

Baca juga: Miliki 5 Soft Skill Ini untuk Perkembangan Karier

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com