Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Profil LinkedIn yang Menarik untuk Menunjang Karier

Kompas.com - 06/11/2023, 07:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Profil LinkedIn tidak hanya sekedar informasi diri dan karier saat ini. Memiliki profil LinkedIn yang kuat dapat membantu Anda menonjol di mata perusahaan dan dapat menjadi sarana berjejaring yang hebat.

LinkedIn adalah tempat Anda dapat menyimpan salinan CV digital, berbagi pembaruan karier dengan orang lain, terhubung dengan orang-orang di bidang industri yang Anda geluti, dan menemukan peluang karier baru.

Dilansir Fox Business, Senin (6/11/2023), kunci menggunakan LinkedIn adalah mempertahankan profil terbaru. Sangat mudah untuk melupakan profil LinkedIn setelah Anda mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Jangan Gunakan Tanda Open to Work di Profil LinkedIn, Mengapa?

Ilustrasi media jejaring profesional LinkedIn.PEXELS/AIRAM DATO-ON Ilustrasi media jejaring profesional LinkedIn.

Berikut cara membuat profil LinkedIn yang menarik untuk menunjang karier, meskipun saat ini Anda sedang tidak mencari pekerjaan.

1. Perbarui foto profil dan latar belakang

Foto profil di LinkedIn adalah perkenalan pertama yang didapat orang ketika mereka melihat profil Anda. Gambar profil yang bagus dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada siapa pun yang melihat halaman Anda.

Jaga agar foto profil tetap profesional dan pilih foto yang lebih menampilkan wajah Anda dari dekat, bukan foto yang diambil dari jarak jauh.

Di LinkedIn, ada juga opsi untuk menambahkan gambar latar belakang. Anda dapat menggunakan gambar latar belakang untuk lebih menunjukkan kepribadian Anda dan hal-hal yang penting bagi Anda.

Baca juga: 10 Startup Indonesia Terbaik Versi LinkedIn

2. Pastikan bagian "about" terisi

Banyak orang membiarkan bagian "about" di LinkedIn tetap kosong, tetapi ini adalah bagian yang tidak boleh Anda lewati.

Bagian ini adalah tempat Anda menceritakan kisah Anda dan memberi tahu orang-orang siapa Anda, apa yang penting bagi Anda, dan apa yang Anda cari. Gunakan bagian ini untuk memasarkan diri dan berbagi kisah pribadi Anda yang terkait karier.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com