Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Shop Bakal Gandeng Tokopedia, Mendag Zulhas: Boleh Dong...

Kompas.com - 06/12/2023, 15:32 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan "lampu hijau" kepada TikTok untuk bekerjasama dengan platform e-commerce lokal, Tokopedia.

Hal itu disampaikan menyusul beredarnya kabar perusahaan induk TikTok, ByteDance Ltd, yang telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia dalam pengembangan layanan belanja e-commerce di Tanah Air.

Menurut pria yang akrab disapa Zulhas itu, TikTok boleh melakukan kerja sama bersifat business to business (B2B) dengan Tokopedia, dengan tetap memperhatikan ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023.

Baca juga: TikTok Shop Bakal Hadir Kembali, Ekonom Ingatkan Pentingnya Perlindungan Konsumen

"Boleh, jadi kalau kerja sama lokal. Ya kan kerja sama, kalau kerja sama boleh dong," kata dia, ditemui di St Regis, Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Lebih lanjut Zulhas bilang, sampai saat ini TikTok memang belum mengajukan izin baru terkait operasional social commerce di dalam negeri.

Keputusan TikTok untuk tidak mengajukan izin social commerce baru selaras degan wacana kolaborasi yang akan dilakukan bersama Tokopedia.

"(TikTok) enggak ada ngurus izin baru, kerja sama kan bisa," ujarnya.

Sebagai informasi, perusahaan induk TikTok, ByteDance Ltd, telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia dalam pengembangan layanan belanja online e-commerce di Indonesia.

Mengutip Bloomberg, layanan video milik China ini telah setuju untuk bekerja sama dengan Tokopedia, yang merupakan salah satu perusahan milik GOTO.

Baca juga: TikTok Shop “Come Back”, Kementerian BUMN: Utamakan Produk UMKM 

Kerja sama keduanya ini rencananya akan diumumkan secepatnya atau pada pekan depan.

Sumber terpercaya Bloomberg menyebutkan, meskipun mencapai persetujuan secara internal, kesepakatan masih belum diresmikan secara legal.

Meskipun kedua perusahaan telah mencapai kesepakatan informal, rincian akhir dari kesepakatan tersebut masih berupaya diselesaikan oleh pihak ByteDance dan GOTO.

Di sisi lain, perjanjian tersebut juga masih harus menunggu persetujuan regulasi di Indonesia, dan masih berpotensi mengalami kegagalan.

Baca juga: TikTok-GoTo Dikabarkan Deal, Pengumuman Tunggu Pekan Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com