Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha RAJA Perluas Jaringan Pipa Gas di Riau

Kompas.com - 22/12/2023, 13:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Energasindo Heksa Karya (EHK) memperkokoh portfolio bisnis perdagangan gasnya dengan memperluas jaringan pipa gas hingga Kabupaten Perawang, Riau.

Anak usaha PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) ini secara resmi melakukan pengaliran gas perdana pada jaringan pipa gas tersebut pada Rabu (20/12/2023) lalu. Jaringan pipa gas ini memiliki panjang sekitar 11,7 kilometer.

Menurut Direktur Utama RAJA Djauhar Maulidi, langkah ini menunjukkan dedikasi perseroan dalam memperluas pembangunan infrastruktur pada sektor energi di wilayah ini.

Baca juga: Temuan Cadangan Gas di South Andaman, SKK Migas: Masuk 3 Besar Dunia

Ilustrasi pipa gas, jalur pipa gas. SHUTTERSTOCK/NOOMCPK Ilustrasi pipa gas, jalur pipa gas.

"Proses konstruksi pipa memakan waktu sekitar 8 bulan, sesuai dengan rencana awal pembangunannya. Sehingga pipa gas ini sudah dapat memberikan kontribusi pendapatan kepada perseroan mulai dari Januari 2024, sesuai dengan yang telah kami sampaikan sebelumnya kepada publik," kata Djauhar dalam keterangan tertulis, Jumat (22/12/2023).

Dia menjelaskan, penyerapan gas melalui pipa ini diperkirakan akan mengkontribusi sebesar 35 persen kepada sektor perdagangan gas EHK.

"Proyek ini adalah merupakan upaya kolaboratif kami dengan IKPP (PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk) dan tentunya kami berharap tidak hanya di wilayah ini saja, tapi juga akan ada pengembangan infrastruktur di wilayah lainnya," ujar Djauhar.

Penjualan gas melalui pipa ini diproyeksikan akan memberikan tambahan pendapatan kepada EHK sebesar sekitar 45 juta dollar AS per tahun selama 10 tahun periode kontrak jual beli gas, sehingga proyek ini akan memberikan dampak finansial yang signifikan.

Baca juga: 3 Perusahaan Gas Teken Perjanjian Jual Beli untuk Pasok Industri di Aceh dan Sumut

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com