Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperpanjang, "Contraflow" di Tol Jakarta-CIkampek mulai KM 47

Kompas.com - 24/12/2023, 11:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memperpanjang pemberlakuan rekayasa lalu lintas contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari KM 47 sampai KM 65 arah Cikampek pukul 09.05 WIB.

Sebelumnya, Jasamarga melakukan pembukaan contraflow 1 lajur di KM 55 sampai KM 65 di ruas tol tersebut pukul 08.20 WIB. Namun kini bukaan contraflow pada KM 55 telah ditutup atas diskresi dari pihak Kepolisian.

VP Corporate Secretary and Legal PT JTT Ria Marlinda Paallo mengatakan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Bertambah Saat Libur Natal, Simak Jadwalnya

"Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Cikampek pada Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai meningkat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (24/12/2023).

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol dan menambah 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

PT JTT mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Baca juga: Jalan Tol Jogja-Solo Beroperasi Fungsional Tanpa Tarif Mulai Hari Ini, Simak Jadwalnya

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," tuturnya.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dan permintaan layanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android.

Baca juga: Diskon Tarif Tol Trans Jawa Selama Nataru, Ini Jadwal dan Ketentuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com