Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Bertambah Saat Libur Natal, Simak Jadwalnya

Kompas.com - 21/12/2023, 21:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah frekuensi perjalanan kereta cepat Whoosh sebanyak 8 perjalan per hari di masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Dengan penambahan ini maka frekuensi perjalanan kereta cepat Whoosh menjadi 48 perjalanan per hari sehingga kapasitas kursi yang disediakan mencapai hingga 28.000 kursi per hari.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, 8 perjalanan tambahan ini tersedia untuk keberangkatan 22-26 Desember 2023.

Baca juga: 2 Bulan Beroperasi, Ketepatan Waktu Kereta Cepat Whoosh Nyaris 100 Persen

Perjalanan tambahan ditambahkan pada jam-jam favorit, yaitu keberangkatan Stasiun Halim di jam 09:10, 11:30, 14:30, dan 19:15 serta keberangkatan Stasiun Tegalluar di jam 07:55, 09:10, 14:30, dan 18:00.

"Penambahan ini dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan penumpang yang diperkirakan akan melonjak di masa Nataru. KCIC mengantisipasi terus meningkatnya jumlah penumpang yang ingin berlibur," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/12/2023).

Dia menambahkan, penambahan jadwal ini juga sudah diikuti dengan penambahan jumlah perjalanan KA Feeder yang dioperasikan oleh PT KAI untuk menuju Stasiun Bandung dan Cimahi.

Baca juga: Menhub: Whoosh Sama Populernya dengan Shinkansen dan TGV

Jadwal KA Feeder juga telah disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Padalarang.

Eva menjelaskan, penambahan jadwal perjalanan ini didasari pada hasil evaluasi dan pengamatan KCIC di lapangan sehingga keputusan ini diyakini dapat menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan Whoosh di periode Nataru ini.

"KCIC berharap, dengan penambahan jadwal perjalanan ini, lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan liburan dengan durasi perjalanan yang singkat sehingga ada banyak waktu yang bisa dinikmati untuk berlibur," tuturnya.

Baca juga: Sambut Libur Nataru, KCIC Sediakan 20.000 Tiket Kereta Cepat Whoosh Per Hari

Adapun tiket perjalanan tambahan saat ini sudah bisa dipesan di seluruh saluran resmi Kereta Cepat Whoosh yang terdiri dari aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Sebagai informasi, sejak dioperasikan secara komersial sampai dengan 19 Desember 2023, tiket Kereta Cepat Whoosh yang telah dijual mencapai 913 ribu tiket. Dimana berdasarkan survey, 55 persen di antaranya merupakan penumpang dengan tujuan untuk berlibur.

Baca juga: Tampung Usul Moeldoko, Operator Kereta Cepat Terbuka Bahas Kerja Sama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com