Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi KA Pandalungan Selesai, Jalur Stasiun Tanggulangin Dapat Dilalui dengan Kecepatan Terbatas

Kompas.com - 15/01/2024, 10:13 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyelesaikan proses evakuasi lokomotif dan kereta KA Pandalungan yang anjlok Minggu (14/1/2024) pagi. Dengan demikian, saat ini jalur di Stasiun Tanggulangin, Jawa Timur dapat kembali dilewati kereta api.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, meski proses evakuasi sarana telah selesai dan jalur sudah bisa dilalui kereta namun jalur tersebut untuk sementara ini baru bisa dilewati kereta api dengan kecepatan maksimal 20 km/jam.

Adapun KA pertama yang melintasi jalur tersebut yaitu KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang-Semarang Tawang Bank Jateng pada pukul 03.11 WIB tadi.

Baca juga: 5 Fakta KA Pandalungan, yang Geser KA Gajayana Sebagai Kereta Rute Terpanjang se-RI

KA Pandalungan anjlok di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024). Kompas.com/Andhi Dwi KA Pandalungan anjlok di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024).

"KAI akan terus melakukan upaya normalisasi jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin sehingga dapat kembali dilalui dengan kecepatan normal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (15/1/2024).

KAI memastikan tidak ada korban jiwa dan korban terluka baik dari pihak penumpang maupun petugas KA Pandalungan akibat insiden ini.

Pasalnya, kata Joni, KAI bertindak cepat dengan meneruskan perjalanan penumpang ke stasiun tujuan dengan moda transportasi lanjutan lainnya

"Para penumpang yang terdampak telah dilakukan proses peralihan transportasi dengan menggunakan bus yang disediakan di Stasiun Bangil dan Sidoarjo," ucapnya.

Baca juga: KA Pandalungan Anjlok di Stasiun Tanggulangin, Ini Kata KAI

Sebelumnya, Sebelumnya, PT KAI dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan evakuasi pada kereta api (KA) Pandalungan yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/1/2024) pukul 07.57 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com